Maliq & D’Essentials Bakal Tampilkan Single Baru Aduh Perdana di Joyland Festival Jakarta 2023

JAKARTA - Single terbaru dari Maliq & D’Essentials berjudul Aduh akhirnya resmi dirilis hari ini, Jumat, 24 November.

Sebelumnya, penggalan lagu Aduh berdurasi 30 detik lebih dulu dirilis dan banyak digunakan sebagai musik latar oleh warganet di TikTok.

Angga Puradiredja (vokal) menyebut single terbaru ini cukup berbeda dari lagu lain yang pernah dibawakan Maliq & D’Essentials. Pengerjaan lagu Aduh dirasa seperti membawa mereka ke masa awal karier di industri musik.

“Ini lagu yang cukup sentimental karena jujur saja gua nggak nyangka bakal keluar lagu kayak begini di karya Maliq di umur yang segini. Prosesnya gua sangat terkesan, di mana saat penciptaan lagu ini situasinya memang benar-benar lagi asyik banget. Seolah-olah band 20 tahun ini kayak band baru yang belum pernah keluar album. Nggak ada tekanan mau buat lagu kayak apa juga,” kata Angga dalam keterangannya, Jumat, 24 November.

Widi Puradiredja (drum) yang bertindak sebagai produser dalam lagu ini mengatakan, bagian reff yang berisi hook menjadi nuansa baru yang ada di dalam Aduh.

“Banyak hook di lagu ini, Angga dan Indah yang menemukan liriknya. Ini yang paling gua senang. Angga sudah lama nggak explore menulis lirik. Gua senangnya ada banyak penempatan kalimat-kalimat yang nggak gua banget, justru itu yang gua tunggu,” ujar Widi.

“Gua serahkan mereka, di verse terutama. Gua cuma menyumbang di reff karena gua suka hook. Jadi gua cari hook-nya, kayak Aduh-nya dari gua. ‘Surga itu kamu, duniawi juga kamu’. Peran gue di situ,” lanjutnya.

Dalam kesempatan berbeda, Ferry Dermawan mewakili promotor Joyland Festival Jakarta 2023 mengatakan, Maliq & D’Essentials akan tampil membawakan lagu barunya di gelaran tersebut.

“Maliq seru loh, Maliq itu ada rilis single baru, dan dia juga bilang mau memainkan itu di Joyland,” kata Ferry Dermawan di Senayan, Jakarta Pusat baru-baru ini.