China Masters 2023: Anthony Ginting Kalah, Wakil Tunggal Indonesia Habis

JAKARTA – Anthony Sinisuka Ginting angkat koper dari China Masters 2023. Hasil ini sekaligus membuat Indonesia tidak punya harapan lagi dari nomor tunggal.

Unggulan kedua tersebut kalah dua gim langsung 18-21 dan 17-21 melawan tunggal China Taipei, Lin Chun-Yi, di Shenzhen Bay Gymnasium, China, Kamis, 23 November 2023.

Meski begitu, Anthony mengatakan dirinya tetap bersyukur. Ia mengaku telah mengeluarkan seluruh kemampuannya, tetapi tidak bisa mendapat hasil terbaik.

”Dari tempo permainan, saya merasa dikontrol terus oleh lawan. Saya pun tidak bisa mengembangkan pola permainan seperti yang saya inginkan,” ujar Anthony setelah pertandingan.

Pertandingan gim pertama berjalan sangat ketat. Anthony sempat unggul dengan skor 18-16 sebelum lawan mencetak lima angka berturut-turut untuk memenangi gim.

Sementara itu, pada gim kedua Anthony benar-benar terpuruk sejak awal. Dia kehilangan tiga angka pada awal gim dan terus tertinggal hingga akhir pertandingan.

”Tadi di akhir-akhir gim kedua, saya sebenarnya sudah mencoba lagi mengejar. Namun, memang perbedaan poinnya sudah terlalu jauh,” ujar Ginting.

Kekalahan Ginting membuat tunggal putra Indonesia sudah tidak punya wakil lagi di ajang berlevel Super 750 BWF. Nomor ini bernasib sama dengan tunggal putri.

Tunggal putri sebelumnya telah kehabisan wakil setelah Gregoria Mariska Tunjung kalah melawan mantan juara dunia asal Jepang, Nozomi Okuhara.

Selain kedua nama ini, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari juga ikut tersingkir. Pasangan ini kalah melawan unggulan keenam, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin.