Bagikan:

JAKARTA – Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo gagal menyusul Jonatan Christie ke babak kedua Jepang Masters 2023.

Perjalanan Ginting terhenti setelah kalah dramatis tiga gim dengan skor 16-21, 21-18, dan 17-21 melawan wakil China, Weng Hong Yang, di Kumamoto Prefectural Gymnasium, Rabu, 15 November petang WIB.

Kekalahan ini memperburuk rekor menang-kalah Ginting menjadi 0-4. Tiga dari empat kekalahan tersebut terjadi tahun ini setelah sebelumnya dia kalah di Malaysia Masters dan Denmark Open.

Ginting mengatakan bahwa dibanding pertemuan mereka sebelumnya, dia lebih puas dengan penampilannya hari ini meskipun belum bisa memberi kemenangan.

"Meskipun belum bisa menang, saya tetap senang dengan performa hari ini karena bisa mengatasi permainan lawan dibanding pada pertemuan sebelumnya," ujar pemilik medali perunggu Olimpiade Tokyo itu.

Sementara itu, Chico harus angkat koper dari ajang berlevel Super 500 BWF ini setelah dihentikan oleh unggulan pertama Denmark, Viktor Axelsen, dua gim langsung, 11-21 dan 7-21.

Kekalahan ini membuat catatan pertemuan Chico dengan Axelsen semakin buruk. Dari total lima kali bentrok, dia tidak satu kali pun sanggup menghentikan pebulu tangkis nomor satu dunia itu.

Chico mengatakan bahwa Axelsen selalu menjadi lawan tangguh. Axelsen, kata Chico, jarang sekali membuat kesalahan sendiri.

"Tentu saya tidak puas dengan hasil ini. Namun, banyak pelajaran yang bisa saya dapatkan dari pertandingan ini. Axelsen yang saya hadapi kali ini memang pemain yang lebih berpengalaman," kata Chico.

Kekalahan Anthony Ginting dan Chico membuat tunggal putra Indonesia tersisa Jonatan Christie. Pemilik medali emas Asian Games 2018 itu melaju ke babak kedua usai menghentikan Chi Yu Jen (China Taipei).