Siapa Javier Milei? Presiden Argentina Terpilih yang Menjanjikan Terapi Kejut Ekonomi

YOGYAKARTA – Pemimpin sayap kanan Javier Milei berhasil memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) Argentina pada Minggu, 19 November 2023.  Ia Mengantongi 56 persen suara dan unggul dari rivalnya, Menteri Ekonomi Sergio Massa yang mendulang 44 persen suara. Lantas, Siapa Javier Milei?  

Siapa Javier Milei?

Javier Milei merupakan ekonom sekaligus tokoh libertarian Argentina. Selain itu, pria kelahiran Buenos Aires, 22 Oktober 1970 ini juga terkenal sebagai penulis.

Milei menyelesaikan Pendidikan di University of Belgrano. Kemudian gelar magisternya diraih di Instituto de Desarrolo Economico y Social daan Torcuato di Tella University.

Sebelum terjun di dunia politik, pria 53 tahun itu sempat bekerja sebagai ekonom senior di HSBC Argentina, Maxima AFJP, Estudio Broda, sertaa konsultan pemerintah di International Ceentre for Settlement of Investmen Disputes.

“El Loco” atau “Si Gila”, demikian panggilan masa kecilnya, juga kerap tampil di layer kaca sebagai ekonom selain membawakan siaran radio Demoliendo mitor.

Salah  satu karyanya yang terkenaal adalah buku bertajuk El Camino del Libertario (Jalan Para Libertarian).

Milei selaku anggota Libertarian Party maju sebagai calon Presiden Argentina. Ia berpasangan dengan Victoriaa Villarruel.

Pada Pilpres 2023 putaran pertama, Senin, 23 Oktober 2023, pasangan Javier Milei-Victoria Villarruel berhasil mendapatkan suara sebanyak 30 persen atau duduk di uruta kedua. Sementara Sergio Massa sukses mendulaang 36 persen suara dan menempati peringkat pertama.

Calon lain, yakni Patricia Bullrich meraaih 23,8 persen suara. Karena tidak ada kandidat yang mengumpulka 45 persen suaraa untuk mengklaim kemenangan, pilpres dilanjutkan ke putaran kedua.

Milei, pemimpin sayap kanan berhadapan dengan Massa pada Minggu, 19 November 2023. Dalam kontestasi tersebut, Javier Milei keluaar sebagai pemenang.

Milei sukses menghentikan kelompok sayap kiri yang telah mendominasi politik Argentina selama lebih dari setegah abad, denga kandidat Peronis – seperti Maassa – memenangkan 10 dari 13 pemilu yang boleh mereka ikuti sejak 1946.

Sejak kediktatoran militer Argentina berakhir pada 1983, kelompok Peronis memegag kekuasaan selama lebih dari setengaah abad.

Kemenangan Milei mengguncang lanskap politik dan peta jalan ekonomi Argentina, serta dapat memengaruhi perdagangan pangan, litium, dan hidrokarbon.

Milei melontarkan kritik keras terhadap China dan Brazil, serta menyatakan tidak akan berurusan dengan “komunis,” dan lebih menyukai hubungan yang lebih kuat dengan Amerika Serikat.

Javier Milei Janjikan Terapi Kejut Ekonomi

Menyadur Antara, Selasa, 21 November 2023, Javier Milei menjanjikan terapi kejut ekonomi. Rencananya termasuk menutup bank sentral, mengamputasi peso, dan memangkas belanja negara, merupakan reformasi yang berpotensi menyakitkan yang disambut positif pemilih yang marah terhadap kelesuan ekonomi, namun memicu kekhawatiran bakal adanya pengetatan di sektor-sektor lain.

Tantangan Milei di depan mata adalah dia harus berurusan dengan kas pemerintah dan bank sentral yang kosong, utang Dana Moneter Internasional (IMF) yang mencapai 44 miliar dolar AS, inflasi mendekati 150 persen, dan serangkaian pengawasan modal yang memusingkan.

Demikian informasi tentang siapa Javier Milei. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.