Bagikan:

JAKARTA - Argentina mencatatkan prestasi ekonomi yang luar biasa dengan mencapai inflasi nol untuk makanan dan minuman selama minggu ketiga Juni. Presiden Javier Milei merayakan pencapaian ini dengan menyatakan bahwa pemerintahannya sedang menulis ulang teori ekonomi dan berpotensi menerima Hadiah Nobel jika berhasil.

Menurut data dari Econometrica, sebuah firma konsultan swasta, Argentina mencapai pencapaian ekonomi penting ini dengan mencatat inflasi nol untuk makanan dan minuman selama minggu ketiga Juni. Penelitian ini mengambil harga lebih dari 8.000 artikel di beberapa toko online dan menemukan bahwa harga tidak berubah dibandingkan minggu sebelumnya.

Kebijakan Fiskal yang Efektif

Pencapaian ini menunjukkan bahwa Presiden Javier Milei perlahan-lahan berhasil menurunkan tingkat inflasi, yang telah berkurang sejak ia menjabat dan mulai menerapkan kebijakan ekonomi dan fiskal yang ketat. Econometrica memperkirakan bahwa angka inflasi bulanan untuk kategori ini bisa mencapai 2,4% pada bulan Juni.

Namun, ini baru merupakan kemenangan kecil bagi pemerintahan Milei. Argentina masih menjadi salah satu negara dengan inflasi tertinggi di dunia, mencatatkan kenaikan harga tahunan sebesar 276,4%.

Menghilangkan inflasi adalah salah satu janji paling relevan dalam kampanye presiden Milei, yang mempromosikan dolar AS sebagai alat untuk mencapai tujuan tersebut. Meskipun kondisi ekonomi negara membuat dolar AS sulit diadopsi secara luas, inflasi telah merespon positif terhadap pemotongan anggaran yang diterapkan Milei.

BACA JUGA:


Perayaan di Tengah Tur Eropa

Selama kunjungannya ke Republik Ceko sebagai bagian dari tur Eropa, Milei merayakan pencapaian ini untuk pertama kalinya dalam 30 tahun. Dikutip dari Bitcoin.com News, Milei menyatakan, “Bersama dengan penasihat utama saya, Demian Reidel, kami sedang menulis ulang banyak teori ekonomi. Jika ini berhasil, kemungkinan besar saya dan Demian akan menerima Hadiah Nobel Ekonomi.”

Milei juga menekankan bahwa di masa depan, banyak mata uang akan digunakan dan bersaing di Argentina, termasuk bitcoin dan mata uang fiat lainnya. Dengan pencapaian ini, Argentina menunjukkan bahwa dengan kebijakan yang tepat, bahkan negara dengan tingkat inflasi yang tinggi dapat mencapai stabilitas harga.