Platform X Luncurkan Situs Pencarian Kerja Khusus di Web

 

JAKARTA – Keinginan Elon Musk untuk menjadikan X sebagai platform pencari kerja, menyaingi LindkedIn, akhirnya terwujud. Platform X kini memiliki situs khusus untuk mencari pekerjaan.

X sebenarnya sudah meluncurkan situs ini sejak Agustus lalu. Namun, fitur ini hadir dalam versi beta dan belum bisa diakses untuk umum. Sekarang, seluruh pengguna, baik Premium maupun tidak, bisa menggunakan fitur ini.

Untuk mengakses situs ini, Anda perlu pergi ke halaman khusus jobs. Situs ini akan menampilkan dua kotak pencarian, yaitu Kata Kunci untuk mencari pekerjaan yang diinginkan dan Lokasi untuk mencari pekerjaan berdasarkan wilayah atau negara yang diinginkan.

VOI sudah mengakses situsnya dan mencoba mencari pekerjaan. Hasilnya cukup baik dan sudah ada banyak lowongan yang terlihat. Akan tetapi, pengguna X di Indonesia akan kesulitan mencari kerja di situs ini karena lowongannya yang masih terbatas.

Fitur ini juga masih sangat sederhana dan sebenarnya merepotkan. Hal yang paling malas dilakukan oleh para pencari kerja adalah memasukan data yang sama berulang kali dan hal inilah yang terjadi di situs tersebut.

Saat mencoba untuk mendaftar ke salah satu lowongan, pengakses akan diarahkan ke situs pihak ketiga. Situs ini meminta Anda mengisi sejumlah data diri dan memasukkan curriculum vitae. Bayangkan jika Anda harus melakukan hal ini seharian. Apalagi jika situs pihak ketiga tersebut mencurigakan. 

Meski saat ini situs jobs di X masih terbilang sederhana, ada kemungkinan Musk akan segera mengembangkannya. Terlebih lagi, Musk sempat mengatakan bahwa ia ingin menjadikan X sebagai pesaing yang keren dari LinkedIn.

Saat ini, situs jobs X baru tersedia dalam versi web. Belum diketahui kapan X akan menambahkan fitur ini ke iOS dan Android, tetapi platform itu berjanji akan segera menambahkannya.