WhatsApp Akan Luncurkan Fitur Obrolan Suara di iOS dan Android

 

JAKARTA – WhatsApp akan meluncurkan fitur baru untuk mengobrol di dalam grup tanpa mengganggu banyak anggota. Dari laporan The Verge, fitur ini akan rilis dalam beberapa minggu mendatang.

Fitur dengan nama Voice Chat atau Obrolan Suara ini tidak jauh berbeda dengan panggilan suara. Keduanya sama-sama bisa diikuti oleh 32 orang, tetapi pemberitahuan dan tampilan dari kedua fitur ini berbeda.

Panggilan suara sebenarnya cukup mengganggu bagi anggota yang tidak membuka grup dan sedang fokus dengan aktivitas mereka. Pasalnya, ponsel mereka akan berdering seperti mereka sedang ditelepon biasa.

Ketika menggunakan fitur Obrolan Suara, ponsel seluruh anggota tidak akan berdering. Sebagai gantinya, WhatsApp akan menampilkan pemberitahuan untuk bergabung ke dalam obrolan, baik lewat notifikasi maupun lewat gelembung di dalam chat.

Untuk mengaktifkan fitur ini sebenarnya mudah. Setelah fiturnya dirilis secara global ke seluruh pengguna iOS dan Android, pengguna bisa menemukan ikon speaker di bagian atas layar, tepatnya di samping nama grup.

Ikon ini bisa langsung diketuk hingga muncul opsi Mulai Obrolan Suara. Sebelum fitur dinyalakan, WhatsApp akan memberikan peringatan bahwa pengguna lain mungkin tidak menyadari adanya obrolan suara karena ponsel mereka tidak berdering.

Selama Obrolan Suara diaktifkan, seluruh anggota tetap bisa berbagi pesan tanpa terhalangi tampilan fitur. Satu-satunya kekurangan dari fitur ini adalah skalanya yang terlalu besar. Artinya, fitur ini hanya dapat digunakan di dalam grup dengan 33 hingga 128 anggota.