Sido Muncul Ulang Tahun ke-72, Irwan Hidayat: Kreativitas dan Inovasi Membuat Kami Bisa Bertahan
JAKARTA - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) baru saja merayakan ulang tahun yang ke-72 pada Sabtu 11 November 2023. Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengungkapkan alasan kenapa perusahaannya bisa selalu bertahan lama dan disukai masyarakat Indonesia.
Menurut Irwan, pihaknya selalu melakukan terobosan dengan kreativitas dan inovasi sehingga membuat produknya bisa bertahan hingga 72 tahun. Dia memberi contoh, salah satu terobosan yang diusung adalah membuat slogan "Tolak Angin ada di mana-mana" yang iklannya hampir pasti hadir di stasiun televisi manapun.
Selain itu, produk-produk Sido Muncul kini hadir di Hong Kong, Australia, Belanda, bahkan Amerika Serikat (AS). Saat ini pun penjualan ekspor Tolak Angin cair memberi kontribusi 5 persen terhadap total penjualan keseluruhan Sido Muncul.
Irwan juga mengatakan pihaknya selalu memilih bahan baku utama dari tanaman obat di Tanah Air, membuat produk Tolak Angin menjadi ikon untuk orang masuk angin. Di mana produk berbahan baku alami ini yang sudah dikenal secara berantai oleh orang Indonesia, dianggap sebagai obat turunan jamu.
"Dari kreativitas dan inovasi inilah perjalanan obat herbal tersebut perlahan-lahan mulai dikenal masyarakat Indonesia. Selain simpel untuk di bawa di dalam tas atau saku, khasiat dan rasanya pun tidak berbeda dengan jamu masuk angin umumnya. Menurut saya, produk yang diciptakan harus benar-benar bagus dan berkualitas. Lalu ketika produk itu sudah dikenal dengan kualitasnya yang bagus maka produk itu akan digemari dan laku di dalam negeri sendiri. Setelah itu baru bisa produk ini dibawa keluar negeri tapi ini tentu tidak semua produk bisa seperti ini," jelas Irwan, dikutip Minggu 12 November.
Untuk produk Tolak Angin, kata Irwan, sudah diekspor ke beberapa benua seperti Asia, Eropa, dan Amerika.
BACA JUGA:
"Seperti Taiwan, AS, dan Australia juga Tolak Angin sudah masuk. Ada beberapa yang membeli sendiri lalu dijual di toko-toko yang mereka punya tapi ada juga eksportir yang meminta kami kirimkan ke luar negeri," jelas Irwan.
Adapun target dan rencana ke depan Sido Muncul, menurutnya, adalah terus memperbaiki produk-produk yang sudah perseroan punya.
"Karena kami kan dari bahan alami. Jadi tentu kami akan terus improve dan perbaiki agar kualitas yang kami berikan ke konsumen selalu terjaga dengan baik," tutup Irwan.