Korea Masters 2023: Ester Tumbang di Semifinal

JAKARTA – Indonesia kehabisan wakil di Korea Masters 2023 setelah perjalanan tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo berhenti di babak semifinal.

Ester gagal mencapai babak final setelah kalah tiga gim 14-21, 21-15, dan 12-21 melawan tunggal putri Jepang Tomoka Miyazaki di Stadion Universitas Wanita Gwangju, Sabtu, 11 November 2023.

"Saya sudah mencoba bermain maksimal, tetapi memang lawan hari ini lebih kuat di lapangan. Saya tidak berhasil membendung dan meladeni reli-reli dia," ujar Ester selepas pertandingan.

Pada gim pertama Ester memimpin mulai dari awal dan sempat unggul 10-6. Namun, lawan bangkit dan mencetak sepuluh angka beruntun setelah itu.

Ester kemudian mengamankan gim kedua setelah bermain ketat. Sayangnya, di gim penentuan dia mengalami masalah pada ketahanan dan paha.

"Gim pertama sebenarnya start saya sudah bagus tapi ketika terkejar, saya malah hilang fokusnya. Seperti blank, bingung mau bermain seperti apa," ujar Ester.

"Gim kedua permainan saya membaik dan bisa mengambil keunggulan. Sayang di gim ketiga, setelah interval ketahanan saya menurun dan paha saya sudah sangat ketarik. Itu yang menyulitkan saya sehingga dia leluasa memainkan pola yang dia mau," ia menambahkan.

Ester mengatakan bahwa sekalipun kalah dirinya sangat bersyukur bisa mencapai babak semifinal pertama di turnamen berlevel Super 300 BWF.

"Ini menjadi pelajaran dan pengalaman yang baik. Sedikit banyak sudah tahu peta dan kekuatan persaingannya seperti apa. Ke depan saya harus menambah kekuatan kaki, fisik dan tenaganya. Selain itu, harus lebih matang lagi cara bermainnya," ujar dia.

Indonesia total mengirim sebanyak tujuh wakil ke ajang ini. Namun, Ester adalah satu-satunya wakil yang berhasil menembus babak semifinal.