Profil Peserta Piala Dunia FIFA U-17: Argentina, Berburu Gelar Perdana

JAKARTA - Argentina, tercatat memiliki skuat mentereng di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Saat ini mereka siap membawa gelar perdana di ajang U-17.

Peraih juara tiga kali di Piala Dunia, pemenang lima kali Piala Dunia FIFA U-20 tersebut, tetapi tercatat belum pernah mengangkat trofi di level U-17.

Di Piala Dunia U-17 2023, Argentina mengincar trofi saat bertandang ke Indonesia. Ini untuk melengkapi rangkaian keberhasilan timnas di berbagai level internasional.

Argentina lolos ke Piala Dunia U-17 2023 dengan modal kuat. Mereka menduduki peringkat tiga Kejuaraan Amerika Selatan U-17 2023.

Di turnamen itu, Albiceleste tidak terkalahkan dalam empat pertandingan fase pertama kualifikasi. Mereka mengalahkan Venezuela dan Bolivia untuk menduduki papan klasemen teratas fase pertama babak kualifikasi.

Namun pada  fase kedua, persaingan yang dilalui Argentina terbukti tidak mudah untuk dijalani. Ada dua kekalahan dan hasil satu imbang dari tiga laga yang dilakoni anak asuh Diego Placente.

Terakhir, sebelum berangkat ke Indonesia, posisi mereka turun ke papan ketiga dan hanya memiliki poin yang sama dengan Venezuela yang berada di posisi keempat.

Skuat Argetina di Piala Dunia U-17 2023 dipimpin oleh Diego Placente, yang setelah lebih dari 15 tahun menjadi pemain, sejak lima tahun lalu berkarier sebagai pelatih.

Sejumlah klub pernah dibelanya selama menjadi pesepakbola professional seperti, River Plate, Bayer Leverkusen, dan Bordeaux. Placente telah mengambil alih posisi pelatih tim U-15 pada 2017.

Sebagai pelatih U-15, Placente telah membawa timnya meraih juara Amerika Selatan, sebelum menjadi asisten pelatih tim U-20 bersama Pablo Aimar. Di 2021, Placente menduduki posisi pelatih kepala U-17.

Di skuat Albiceste, ada nama Claudio Echeverri, yang saat ini menjadi permata Argentina. Pemain dengan julukan El Diablito atau Si Setan Kecil tersebut adalah seorang pemain yang cerdik.

Dia memiliki kemampuan dribbling bola yang sangat baik, terlebih dalam situasi satu lawan satu. Echeverri telah menjalani debut bersama River Plate dan saat ini menjelma menjadi harapan Argentina untuk meraih gelar U-17 di Indonesia.

Argentina, telah memulai debut Piala Dunia U-17 pada edisi perdana di 1985. Tercatat Albiceste hanya absen dalam empat turnamen sejak awal perhelatan U-17.

Pencapaian terbaik adalah finis ketiga, yang diraih pada 1991, 1993 dan 2005. Turnamen di Indonesia pada 2023 ini akan jadi penampilan ke-15 kali bagi Argentina.

Selama perhelatan Piala Dunia U-17, Argentina telah memainkan sebanyak 65 pertandingan. Posisinya sejajar dengan Meksiko dan hanya kalah dari Nigeria yang mencatatkan telah menjalani 67 pertandingan dan kalah dari Brasil yang telah mencatatkan 89 pertandingan.

Argentina telah mencetak 98 gol di putaran akhir. Di 2023 ini Argentina akan bergabung dengan Brasil yang telah mencetak 199 gol, Nigeria dengan torehan 159 gol, Spanyol dengan 124 gol dan Jerman dengan 102 gol, sebagai tim yang telah cetak lebih dari 100 gol di gelaran Piala Dunia U-17.

Hal itu akan didapatkan jika mereka mampu mencetak gol setidaknya dua kali di putaran final Piala Dunia U-17 2023 yang digelar Indonesia.