Waspada! Minggu Siang 4 Pintu Air di Jakarta dalam Status Siaga 3

JAKARTA - Hujan mengguyur Bogor dengan intensitas ringan menyebabkan tinggi muka air Sungai Ciliwung naik. Minggu, 5 November siang dilaporkan TMA Katulampa normal, sementara 4 pintu air di Jakarta Siaga 3.

Berdasarkan data Dinas Sumber Daya Alam (SDA) Pemprov DKI Jakarta pukul 12.00 WIB. Tinggi muka air Ciliwung di Katulampa 10 sentimeter (cm) atau masih dalam keadaan normal. Begitu juga dengan Pintu Depok, 110 cm atau masih dalam status normal.

Status Siaga terjadi di Pintu Manggarai, dengan ketinggian 800 cm atau berada dalam status siaga 3. Pintu Air Karet dilaporkan dalam status siaga 3, dengan TMA 460 cm.

Dua pintu air lainnya yang dalam kondisi siaga, yakni Pintu Air Marina 198 cm atau dalam keadaan Siaga 3 dan Sunter Hulu 180 cm, juga dalam posisi Siaga 3.

Pengawas Ciliwung di Katulampa Kota Bogor Andi Sudirman, mengatakan, Tinggi muka air Ciliwung dalam keadaan normal.

"Puncak hujan intensitas ringan dan cuaca Bogor sekitarnya masih mendung. Sehingga saat ini Katulampa masih normal, tetapi tinggi air di Depok dan Jakarta sudah naik," Andi mengkonfirmasi, Minggu 5 November.

Meski demikian, Andi tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada mengingat curah hujan masih akan terjadi hingga Minggu malam dan TMA di Katulampa bisa saja naik secara drastis.

"Masih harus waspada, hujan masih akan terjadi hingga malam nanti," Andi mengingatkan.