Cara Mudah Melacak Siklus Menstruasi dengan Apple Watch

 

JAKARTA - Banyak wanita yang membutuhkan pelacak siklus menstruasi agar mereka tahu pola menstruasi mereka. Namun, tidak semua orang mau repot menggunakan aplikasi tambahan di ponsel dan mengecek aplikasi itu setiap saat.

Beruntungnya, Apple Watch telah menghadirkan aplikasi pelacak siklus, yaitu Cycle Tracking. Aplikasi ini tidak serumit aplikasi pelacak lain dan pengguna tidak perlu melihat aplikasi di ponsel setiap saat

Mengutip dari Makeuseof, aplikasi Cycle Tracking bisa mencatat gejala dan seluruh detail dari siklus menstruasi. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa memberikan prediksi tanggal menstruasi berikutnya dan kapan waktu penggunanya mengalami masa subur.

Sebelum menggunakan Cycle Tracking di Apple Watch, Anda perlu mengatur aplikasinya terlebih dahulu melalui iPhone dengan membuka aplikasi Kesehatan. Setelah itu, ketuk tab Telusuri dan ketuk Cycle Tracking, kemudian klik mulai.

Sebelum Cycle Tracking memprediksi tanggal menstruasi berikutnya, Anda perlu memasukkan tanggal menstruasi terakhir dan durasi rata-rata menstruasi. Kemudian, Anda perlu menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan siklus menstruasi.

Jika semua pertanyaan sudah terjawab, Anda bisa mengaktifkan fitur Pelacakan Periode dan Estimasi Kesuburan. Jika sudah, Anda bisa beralih mengatur aplikasi secara langsung di Apple Watch.

Pada jam tangan pintar Anda, tekan Digital Crown untuk melihat semua aplikasi dan cari Cycle Tracking. Untuk menambahkan gejala saat menstruasi, Anda hanya perlu mengetuk Log.

Kemudian, pilih fitur pencatatan mulai dari Periode, Gejala, Bercak, dan hal lainnya yang berkaitan dengan menstruasi. Setelah Anda menambahkan seluruh hal yang diperlukan, ketuk Selesai.

Untuk mempermudah tampilan, Anda bisa menambahkan Cycle Tracking ke Tampilan Wajah dengan menyentuh dan menahan layar Apple Watch, kemudian buka layar penyesuaian. Ketuk Sunting dan geser ke kiri untuk mencari layar Komplikasi.

Ketuk komplikasi, lalu ketuk panah kiri untuk melihat seluruh komplikasi. Setelah itu, putar Digital Crown untuk memilih Cycle Tracking dan tekan Digital Crown untuk menyimpan perubahan.

Itu dia cara menggunakan dan menampilkan aplikasi pelacak menstruasi di Apple Watch Anda. Pastikan jam tangan pintar Anda sudah menggunakan watchOS 6 agar aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah.