Berikut Kesalahan yang Sering Terjadi saat Membeli Mobil, Akibatnya Bisa Fatal

YOGYAKARTA - Harga mobil semakin lama terus menjadi mahal, ditambah lagi dengan harga pajak yang pula besar membuat banyak orang yang sebelumnya mau membeli mobil jadi merasa diberatkan. Situasi yang memberatkan ini sangat dialami oleh orang yang mempunyai keadaan finansial kurang baik. Lantas, seperti apa sih kesalahan dalam membeli mobil yang fatal?

Oleh sebab itu, saat ini banyak orang yang beralih ke mobil bekas daripada berupaya membeli mobil baru. Sebab mobil bukan produk investasi, hingga biayanya bakal senantiasa turun kala telah bekas pakai. Biayanya yang cenderung jauh lebih murah daripada mobil baru menarik atensi banyak orang buat mulai membeli mobil bekas.

Biasanya, kala mendengar kata bekas, kita langsung terbayang hendak mobil yang kualitasnya sudah kurang baik, rongsok, serta sudah sangat tua, tetapi sesungguhnya tidak semua mobil bekas itu semacam itu loh. Terdapat pula banyak mobil bekas dengan mutu bagus apalagi nampak serupa baru. Kalian hanya wajib teliti saat sebelum membeli. Jauhi 5 kesalahan umum yang kerap dilakukan orang kala membeli mobil bekas ini serta dapatkan mobil bekas berkualitas dengan harga murah.

Kesalahan dalam Membeli Mobil

1. Tidak Menanyakan Sejarah Mobil

Dikala membeli mobil bekas, banyak perihal yang wajib kalian teliti, salah satunya yakni tentang sejarah mobil tersebut. Tanyakan dengan mendetail tentang perihal ini. Mengenali sejarah mobil tersebut merupakan perihal yang berarti buat menjauhi kerugian yang bisa jadi timbul di kemudian hari.

Hendaknya jangan membeli mobil bekas yang sempat tabrakan hebat, terendam banjir, serta odometernya dapat diatur ulang. Ketiga perihal ini bakal mempengaruhi pada performa mesinnya yang bisa jadi tidak dialami dalam waktu dekat. Tidak hanya itu, tanyakan pula apakah mobil tersebut bekas jadi mobil sewaan ataupun mobil sitaan perusahaan leasing. Perihal ini pula butuh ditanyakan buat menjauhi efek kerugian Kalian.

2. Tidak Paham Soal Mesin

Perihal berguna yang pula wajib dicermati saat membeli mobil bekas yakni keadaan mesinnya. Kala membeli mobil bekas, Kalian wajib memprioritaskan buat mengecek keadaan mesin, sebab bila mesin mobil kurang baik, maka tidak ada manfaatnya Kalian membeli mobil itu kan? Nah, perkaranya yakni tidak semua orang paham soal mesin, jadi yang wajib Kalian jalani yakni mengajak teman atau orang lain yang Kalian yakin serta paham soal mesin mobil dengan baik. Dengan begitu, Kalian tidak harus ragu lagi dalam memastikan apakah mobil itu dalam keadaan bagus ataupun tidak.

Kalian wajib memastikan kalau tiap komponen mesinnya original, ataupun paling tidak masih nampak berfungsi dengan baik. Apabila Kalian merasa kalau mesin mobil itu telah kurang baik, maka hendaknya Kalian mengurungkan niatmu buat membelinya.

3. Tidak Mengecek Catatan Servis Kendaraan

Mungkin Kalian telah tahu kalau mobil yang diservis dengan teratur serta dirawat dengan rajin tentu mempunyai performa yang baik. Cuma terdapat satu metode buat mengetahuinya, ialah dengan mengecek catatan servis mobil dari owner mobil. Umumnya tiap kali melaksanakan servis, maka pihak bengkel bakal menuliskan catatan servis berkala serta komponen apa saja yang sempat diganti sehingga Kalian dapat lebih gampang dalam memperhitungkan performa mobil bekas tersebut.

Demi keamanan serta kenyamanan Kalian, lebih baik memilih mobil yang teratur melaksanakan servis serta komponen yang diganti diusahakan yang original. Dengan begitu, keadaan mobil tersebut berarti masih baik serta lebih kokoh.

4. Terburu-Buru saat Test Drive

Sehabis mengecek keadaan mesin mobil serta melihat catatan servis kendaraan itu, bukan berarti kalau mobil itu bakal berperan dengan baik. Oleh sebab itu, Kalian wajib melaksanakan test drive ataupun uji coba ke jalanan. Dengan melaksanakan test drive, Kalian bakal mengenali gimana performa mesin yang sesungguhnya. Perhatikan suara mesin, getaran mesin, serta asap pada knalpot mobil tersebut.

Pada saat melaksanakan test drive, Kalian wajib cermat, jangan terburu-buru memutuskan karena keadaan mesin yang sesungguhnya baru dapat dilihat sehabis dipakai beberapa lama ataupun dibawa jalan beberapa jauh. Bisa jadi Kalian bakal dinilai sebagai pembeli yang rewel, tetapi itu lebih baik daripada Kalian menyesal nantinya.

5. Tidak Membandingkan Terlebih Dahulu

Saat sebelum Kalian menjatuhkan opsi mobil bekas mana yang bakal dibeli, Kalian wajib menahan diri sejenak buat melangsungkan perbandingan dengan yang lain. Untunglah telah banyak web jual beli mobil online, jadi Kalian

tidak butuh lagi repot-repot dalam melaksanakannya. Kalian cuma butuh mengecek secara online tentang harga, model, tahun pembuatan, serta tahun pemakaiannya. Dengan begitu, Kalian dapat memperoleh yang sangat sesuai dengan keinginan serta budget.

Jadi setelah mengetahui kesalahan dalam membeli mobil, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!