RSPAD Tunggu Prabowo Tes Kesehatan Sebelum Serahkan Hasil Tes Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud ke KPU

JAKARTA - Tim dokter RSPAD Gatot Subroto akan menyerahkan hasil pemeriksaan bakal calon presiden-calon wakil presiden Pemilu 2024 setelah seluruh bakal pasangan calon menjalani tes tersebut.

Sehingga, hasil tes kesehatan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD baru akan diserahkan kepada KPU setelah Prabowo Subianto dan pasangannya mendaftar dan menjalani tes kesehatan serupa.

Prabowo sendiri belum mendatangi kantor KPU untuk mendaftar sebagai calon presiden. Meski belum mengumumkan siapa pasangannya, dikabarkan cawapres Prabowo adalah Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Joko Widodo.

"Hasil pemeriksaan secara kolektif akan kami sampaikan kepada KPU RI setelah seluruh paslon melaksanakan pemeriksaan," Kepala Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto, Albertus Budi Sulistya di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu, 22 Oktober.

Budi menguraikan, pemeriksaan kesehatan Ganjar dan Mahfud hari ini melibatkan 50 dokter dengan berbagai latar belakang spesialisasinya, serta dua psikolog.

"Jadi ada dari tim dokternya RSPAD, tim dokter dari utusan masing-masing polidium dan BNN, serta himpunan psikologi Indonesia," ungkap Budi.

Adapun waktu pemeriksaan berjalam selama sekitar 8 hingga 10 jam. Setelah itu, tim dokter akan melakukan sidang pleno untuk menilai hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan capres-cawapres tersebut.

Melanjutkan, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menegaskan tak ada perbedaan mekanisme pemeriksaan kesehatan kepada semua bakal pasangan capres-cawapres.

Anies-Cak Imin melakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto pada Sabtu, 21 Oktober. Sementara, Ganjar-Cak Imin menjalani pemeriksaan pada hari ini.

"Seperti hari kemarin, hari pertama pemeriksaan kesehatan, durasinya kurang lebih sama, substasi yang akan diperiksa juga sama, metode yang akan digunakan untuk memeriksa juga sama, dan tim dokter pemeriksa juga sama," jelas Hasyim.