Kontributor Catatan Komunitas di Platform X Kini Wajib Tambahkan Sumber

JAKARTA - Community Notes atau Catatan Komunitas menjadi salah satu fitur yang terus platform X, sebelumnya Twitter, tingkatkan untuk memerangi disinformasi. Namun, fitur ini juga bisa menyebabkan masalah.

Meski tujuannya baik untuk memberikan klarifikasi dari unggahan seseorang, beberapa kontributor justru memasukkan Catatan tidak jelas, tidak penting, atau tidak berkaitan dengan unggahannya.

Untuk mencegah hal ini terus terjadi, Catatan Komunitas mengumumkan bahwa kebijakan mereka telah berubah. Kini, para kontributor perlu menyertakan sumber yang valid dan berkaitan dengan unggahan.

Dengan menyertakan sumber, X percaya langkah ini bisa lebih membawa manfaat. Selain itu, unggahan dengan Catatan yang merujuk pada sumber membuat pembaca bisa memverifikasi isi unggahnnya.

X mengakui bahwa mereka tidak mewajibkan kebijakan ini sebelumnya karena mayoritas unggahan tidak perlu sumber. Namun, mengingat beberapa Catatan hanya merujuk pada detail unggahan dan media, X mulai menyadari pentingnya sumber.

“Kami yakin dampak keseluruhan dari perubahan ini akan positif. Sumber tidak diperlukan untuk catatan yang menjelaskan mengapa konteks tambahan tidak diperlukan,” tulis X melalui akun Catatan Komunitas hari ini.

Mengingat kebijakan sumber ini baru ditambahkan, X akan memantau lebih jauh dampaknya. X pun menekankan bahwa mereka berusaha melakukan yang terbaik untuk meningkatkan platform mereka.