Menyaksikan Gerhana Matahari Total di Rolls-Royce Black Badge Ghost

JAKARTA - Rolls-Royce, merek otomotif premium asal Inggris, resmi meluncurkan Black Badge Ghost Ekleipsis Private Collection yang dirancang khusus. Sedan mewah ini memperlihatkan tampilan elegan pada eksterior dan interiornya.

Torsten Muller-Otvos, selaku CEO Rolls-Royce Motor Cars, mengatakan mobil ini terinspirasi dari fenomena gerhana matahari, sebuah peristiwa langka yang terjadi dalam beberapa tahun sekali di muka bumi.

“Dalam menangkap keajaiban keselarasan fenomena ini, para desainer, insinyur, dan pengrajin sekali lagi meningkatkan keahlian kontemporer, dengan serangkaian detail indah yang memproyeksikan budaya ambisi dan keunggulan merek tersebut,” kata Torsten dalam keterangannya, Kamis, 12 Oktober.

Berbasis dari model Ghost, mobil ini dihiasi dengan sentuhan warna Lyrical Copper yang menghasilkan cahaya halus layaknya gerhana matahari. Warna yang megah tersebut digabungkan dengan bubuk pigmen tembaga, sehingga menghasilkan kreasi yang lebih berwarna saat berada di bawah pencahayaan.

Menambah kesan kemewahan, aksen Mandarin dihadirkan pada intake bumper yang dilukis dengan tangan, tutup tengah, dan kaliper rem menyerupai cahaya matahari yang tersembunyi di balik bulan saat memasuki masa gerhana.

Bertemakan ‘Panoramic Sunset’, bagian interior memadukan warna Mandarin dan hitam pada jok kulitnya. Sedangkan, panel dasbornya tergambar tahapan gerhana matahari total dengan 1.846 bintang yang diukir menggunakan laser. Pengerjaan bagian ini diklaim membutuhkan waktu lebih dari 100 jam.

Sorotan utama tertuju pada animasi dari Starlight Headliner atau bintang-bintang berpendar dengan latar belakang pekatnya langit malam pada langit-langit interior yang dikelilingi oleh 940 kerlip bintang dan 192 kerlip bintang lain yang tampak jauh tersebar.

Sekali lagi Rolls-Royce menunjukkan dedikasi dengan mereplikasikan animasi tersebut setiap kali pintu ditutup atau pengemudi menyalakan mesin. Tampilan animasi tersebut tetap terlihat selama 7 menit 31 detik yang mewakili durasi terpanjang gerhana matahari total.

Berbicara soal daya pacu, pabrikan tetap mempertahankan mesin yang ada pada basis model tersebut. Black Badge Ghost edisi khusus ini dibekali dengan mesin V12 6,7 liter twin-turbo yang menghasilkan daya hingga 592 dk yang digabungkan transmisi otomatis delapan percepatan.

Sayangnya, seperti biasa pihak pabrikan tidak mau mengungkapkan nilai jual dari sedan elegan tersebut. Namun, Rolls-Royce memastikan bahwa Ekleipsis Private Collection dijual sebanyak 25 unit untuk seluruh pelanggan global yang berminat.