Raih Pole Position, Max Verstappen Ingin Kunci Gelar Juara Dunia di F1 GP Qatar 2023

JAKARTA – Max Verstappen bertekad mengunci gelar juara dunia usai meraih pole position pada kualifikasi F1 GP Qatar 2023. Pebalap tim Red Bull Racing itu ingin memenangi sprint race maupun balapan utama demi titel juara dunia.

Dalam babak kualifikasi di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, Sabtu (7/10) dini hari WIB, Verstappen tampil perkasa. Pebalap Belanda itu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 23,778 detik atau unggul hampir 0,5 detik dari George Russell.

Verstappen mengaku senang dengan raihan pole position di GP Qatar atau seri ke-17 F1 musim 2023, mengingat banyak menemui rintangan selama jalannya sesi kualifikasi.

“Awal akhir pekan yang baik. Hari ini sangat rumit karena lerengnya sangat licin, pertama karena aspal baru dan kedua karena pasir yang terus-menerus tertiup ke trek,” ujarnya seperti dilansir Speedweek.

“Ban bagian belakang akan pecah dalam waktu singkat karena hembusan angin ini, dan mobil hampir mustahil untuk menyalip,” tambah Verstappen.pria berusia 26 tahun itu.

Pebalap 26 tahun itu juga bertekad untuk meraih start terdepan lagi pada Sprint Qualifying yang digelar Sabtu (7/10) malam WIB, dan memenangi Sprint Race dan balapan utama.

“Tujuan saya untuk hari Sabtu juga untuk mencapai waktu terbaik di kualifikasi sprint dan tentu saja memenangkan kedua balapan, sprint dan Grand Prix. Saya ingin menjalani hari esok yang semulus hari ini. Namun saya tahu kondisinya juga akan berbahaya pada hari Sabtu,” tutur Verstappen.

Max Verstappen tinggal selangkah lagi untuk meraih mengamankan gelar juara F1 2023 atau titel ketiganya secara beruntun. Dia hanya membutuhkan tambahan tiga poin dari Sprint Race yang digelar Minggu (8/10) dinihari WIB. Bila gagal di Sprint Race, Verstappen masih punya kesempatan di sesi balapan utama F1 GP Qatar 2023, Senin (9/10) dinihari WIB.