Lagi-lagi Kabut Asap Jadikan Sekolah di Palangka Raya Kalteng Terapkan Belajar Daring

KALTENG - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya memberlakukan Kalimantan Tengah (Kalteng)  untuk PAUD, SD hingga SMP di wilayahnya menyusul kabut asap yang melanda daerah setempat.

Kepala Disdik Kota Palangka Raya Jayani mengatakan, keputusan itu berdasarkan hasil rapat bersama satuan pendidikan, pengawas sekolah, kepala sekolah jenjang PAUD, SD, SMP dan pendidikan kesetaraan secara daring pada 4 Oktober 2023.  

"Pertama pembelajaran jenjang PAUD, SD, SMP dan pendidikan kesetaraan di bawah kewenangan Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya dialihkan menjadi PJJ (belajar dari rumah, red.) mulai 5-7 Oktober 2023," kata Jayani di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu 4 Oktober, disitat Antara.  

Jayani mengatakan aturan tersebut termaktub dalam Surat Edaran Nomor 800/2661/Disdik.Um-Peg/X/2023 tentang pembelajaran tatap muka menjadi PJJ.

Selama PJJ, lanjut dia, satuan pendidikan tetap memantau kesehatan dan kemajuan belajar peserta didik dan selalu mengimbau peserta didik tidak melakukan kegiatan di luar rumah.

Ppendidik dan tenaga kependidikan tetap hadir di sekolah dengan memperhatikan kesehatan, untuk tetap memantau dan memberikan panduan PJJ kepada peserta didik.

"Setelah tanggal 7 Oktober 2023, Dinas Pendidikan akan mengevaluasi perkembangan yang ada dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk dapat diberikan kebijakan selanjutnya," tuturnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya gencar membagikan masker kepada peserta didik yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah, meski kondisi udara di daerah setempat terkontaminasi dengan partikel-partikel debu akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Setiap sekolah juga menyediakan masker agar peserta didik yang lupa membawa masker ke sekolah bisa mengambil masker yang disediakan tersebut.

Kondisi kabut asap akibat karhutla di Palangka Raya setiap hari terlihat semakin parah. Pihak pemerintah daerah setempat terus melakukan pemadaman karhutla di sejumlah tempat agar persoalan kabut asap di kota itu segera selesai.