IMOS 2023: Mempercepat Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

JAKARTA - Memasuki bulan Oktober, pergelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2023 akan dimulai dalam hitungan hari. Acara tersebut akan dimanfaatkan oleh berbagai produsen kendaraan roda dua untuk menampilkan model terbarunya kepada masyarakat.

Namun, Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) memiliki pandangan yang berbeda mengenai gelaran tersebut. Mereka menilai bahwa acara ini digelar untuk membantu pemerintah mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

"AISI mendukung program pemerintah menuju percepatan industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), menghadirkan teknologi ramah lingkungan seperti sepeda motor berbasis listrik dan beragam teknologi lainnya yang mendorong pengurangan emisi, menuju net zero emission," kata Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI, dalam keterangan yang diterima VOI, Sabtu, 30 September.

IMOS 2023 akan menjadi yang pertama kalinya diadakan pada tahun ganjil dan ditetapkan sebagai pameran tahunan. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pengembangan kendaraan roda dua di Indonesia.

Selain memamerkan motor terbaru baik bermesin bahan bakar maupun listrik, acara ini dimanfaatkan oleh AISI sebagai sarana kegiatan edukasi kepada pengunjung perihal berkendara yang aman dan nyaman.

"Melalui pameran IMOS 2023, AISI ingin menunjukkan kinerja industri otomotif roda dua, berikut produk dan teknologi terbarunya, serta memberikan edukasi langsung kepada masyarakat tentang pentingnya safety riding dalam berkendara, sepanjang pameran berlangsung," tegas Kumala.

Pertama kalinya sejak gelaran ini diadakan, IMOS 2023 akan berlangsung di lokasi terbaru, yakni ICE BSD, Tangerang. Menurut AISI, penunjukkan lokasi ini akan memberikan kenyamanan karena memiliki tempat yang luas dan strategis.

IMOS 2023 akan digelar pada lokasi seluas 10.000 meter persegi, dua kali lipat dari tempat sebelumnya. Dengan area yang lebih luas di tempat yang baru, AISI meyakini IMOS+ akan lebih semarak dengan inovasi dari para peserta dan partisipasi dari komunitas pecinta sepeda motor Indonesia.

Salah satu gelaran otomotif terbesar di Indonesia ini akan digelar pada 25 hingga 29 Oktober 2023. IMOS 2023 akan diikuti oleh 15 pabrikan berbeda, termasuk Honda, Yamaha, Suzuki, Royal Enfield, Scomadi, Charged EV, Savart EV, Gova, Polytron, Ion Mobility, U Winfly, Alva, Dhelvic, Kool EV, dan Selis.