Persiapan Piala Dunia U-17, JIS Ditutup untuk Umum Hingga 1 Desember

JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menutup Jakarta International Stadium (JIS) untuk umum jelang pelaksanaan Piala Dunia U-17 yang digelar di Indonesia dalam beberapa waktu mendatang.

Stadion berkelas internasional di di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, dinyatakan ditutup sementara untuk umum hingga 1 Desember 2023.

"Mulai akhir September, seluruh area Jakarta International Stadium akan ditutup sementara," tulis pengumuman di akun Instagram resmi pengelola JIS, @jakinstadium pada Selasa, 26 September.

Penutupan JIS dilakukan untuk menyempurnakan persiapan stadion ini sebagai venue pertandingan beberapa tim seperti jadwal yang telah ditetapkan.

"Mohon dukungannya ya, Sob! Area Stadion akan dibuka kembali untuk umum pada tanggal 1 Desember 2023," tulis akun pengelola JIS.

Piala Dunia U-17 sendiri dijadwalkan berlangsung di empat stadion di Indonesia, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya mulai 10 November hingga 2 Desember 2023.

JIS bakal dijadikan tempat pertandingan-pertandingan Grup C (Brasil, Inggris, Iran, Kaledonia Baru) dan E (Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, Burkina Faso).

Selain penyisihan grup, JIS juga akan digunakan untuk dua pertandingan babak 16 besar dan dua pertandingan perempat final. Oleh karena itu, kans Indonesia main di venue ini terbuka apabila bisa ke babak gugur.

Beberapa waktu lalu, Ketua Umum (PSSI) Erick Thohir membeberkan hasil rapatnya bersama Jakpro soal persiapan JIS untuk Piala Dunia U-17 2023. Aspek penting soal rumput yang menjadi perhatian utama disebut Erick Thohir kemungkinan segera teratasi.

Dari rapat yang digelar pada Kamis, 7 September dengan Jakpro, Erick Thohir menyebut masalah rumput JIS bisa teratasi karena bantuan dari Dewa United. Klub Liga 1 itu bersedia meminjamkan rumput di lapangan latihan mereka untuk dipasang di JIS.

"Progres pengerjaan rumput JIS, sudah mulai dikerok di samping. Mungkin minggu depan di bagian tengah. Alhamdulillah saya berterima kasih ke Dewa United karena merelakan rumput (lapangan latihan) untuk dipasang ke JIS,” kata Erick Thohir ditemui di Stadion Madya, Senaya pada Jumat 8 September.

“Rumput (lapangan latihan) Dewa United itu bisa dipakai karena sudah sesuai dari yang dilihat FIFA dengan konsultannya. Kalau ternyata rumput ini bisa, masalah rumput di JIS terselesaikan," lanjutnya.