iFixit Bongkar Masalah Perbaikan yang Mungkin Terjadi di iPhone 15 Pro Max

JAKARTA – Apple tampaknya ingin mengurangi biaya perbaikan pada iPhone 15 Pro Max karena desain barunya. Desain ini melingkupi bagian kerangka tengah, komponen kunci di bawah layar, dan bagian belakang kaca.

Sayangnya, desain baru ini tak memberikan banyak pengaruh saat perbaikan perangkat. Dikutip dari The Verge, iFixit menilai bahwa iPhone 15 Pro Max masih memiliki sejumlah kendala di dalam perangkatnya.

Apple diketahui telah mendesain ulang midframe untuk iPhone 15. Midframe ini bisa diakses dengan melepas layar belakang atau kaca belakang perangkat.

Namun, iFixit menemukan bagian internal iPhone 15 Pro dan Pro Max berada persis di belakang layar, bukan di kaca belakang. Pengaturan yang berubah ini bisa memberikan risiko saat perbaikan penting.

Salah satu bentuk perbaikan yang iFixit mention adalah penggantian baterai. iFixit mengeklaim bahwa penggantian baterai di series iPhone 15 Pro dan Pro Max ini lebih berisiko dibandingkan dengan iPhone 14.

Permasalahan lainnya muncul saat membuka layar. Mengingat heat gun sangat dibutuhkan untuk membuka layar, ada kemungkinan kabel penghubung layar ke perangkat robek.

Selain itu, pertukaran suku cadang pada iPhone Pro Max masih sulit. Bengkel independen yang melakukan perbaikan perlu menggunakan suku cadang yang dibeli langsung dari Apple agar tidak kehilangan fungsi.

iFixit menenkankan bahwa perangkat lunak yang luar biasa tak akan bisa imbang jika kemampuan menukar komponen tidak ada. Ketika hal ini terjadi, perbaikan pada ponsel akan menurun secara drastis.