Di Pabrik Sido Muncul, BPJS Kesehatan Ungaran Berikan Layanan BPJS Keliling

JAKARTA - BPJS Kesehatan Cabang Ungaran memberikan pelayanan melalui BPJS Keliling di PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), Kamis 21 September, untuk memberikan kemudahan aksesibilatas layanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada para peserta.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ungaran Abdul Azis meyampaikan bahwa dirinya bersama tim telah melakukan penjadwalan pelayanan BPJS Keliling di berbagai titik wilayah, baik di kantor desa maupun di badan usaha yang berada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Ungaran.

"Dengan adanya pelayanan BPJS Keliling di PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, kami berharap para karyawan dapat memanfaatkannya. Tidak dimungkuri, mereka mungkin terkendala dengan waktu apabila ingin mengurus administrasi terkait program JKN," ungkap Azis, dikutip dari Antara, Senin 25 September.

Beberapa pelayanan yang dapat diakses oleh para karyawan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul yang merupakan peserta JKN pada BPJS Keliling yaitu, registrasi Aplikasi Mobile JKN, perubahan data peserta, perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), informasi dan penanganan pengaduan, serta mutasi tambah atau kurang anggota keluarga.

Yuni Wariyanti, sebagai tim dari Human Resource Departement (HRD) PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul mengungkapkan rasa terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Ungaran yang telah menjadwalkan pelayanan BPJS Keliling di lingkungan pabrik.

Dirinya juga mengatakan telah melakukan pengumuman kepada karyawan dari seluruh divisi yang ada di PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul bahwa akan ada pelayanan BPJS Keliling pada hari ini. Hal ini ia lakukan agar para karyawan yang ingin memanfaatkan pelayanan BPJS Keliling dapat mempersiapkan dokumen yang diperlukan.

"Kami dari tim HRD melakukan penjadwalan untuk karyawan dari seluruh divisi yang ada, agar tidak terjadi penumpukan antrean dan menyesuaikan dengan jam istirahat mereka. Hal ini kami lakukan agar para karyawan dapat memaksimalkan pelayanan yang ada pada BPJS Keliling di PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul," ujar Yuni.

Salah satu karyawan dari PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul yang memanfaatkan pelayanan BPJS Keliling, Rizki Yogi Novia mengatakan merasa terbantu dengan adanya pelayanan BPJS Keliling di lingkungan pabrik. Dirinya mengatakan bahwa sudah beberapa kali merencanakan untuk mendatangi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Ungaran untuk melakukan perubahan data, namun dirinya terkendala dengan waktu.

"Terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Ungaran yang telah memberikan pelayanan BPJS Kesehatan di PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, dengan adanya pelayanan BPJS Keliling kami sangat merasa terbantu untuk mengurus administrasi program JKN ini," ungkap Rizki.

Selain melakukan perubahan data kepesertaan, Rizki mengungkapkan dirinya juga diberikan edukasi terkait Aplikasi Mobile JKN dan pelayanan administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) di nomor 08118165165. Menurutnya dengan adanya edukasi tersebut, dirinya tidak perlu bingung apabila sewaktu-waktu harus melakukan perubahan data.

Sebagai karyawan di PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Rizki juga bersyukur telah terdaftar sebagai peserta JKN. Meskipun sampai saat ini dirinya belum pernah memanfaatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang terdaftar. Dirinya mengatakan dengan terdaftar sebagai peserta JKN, ia merasa terlindungi kesehatannya.

"Saya berharap BPJS Kesehatan bisa terus hadir di tengah-tengah kami dan dapat memberikan pelayanan kesehatan melalui program JKN. Menurut saya program ini sangat penting untuk seluruh masyarakat, karena program JKN begitu banyak manfaatnya terutama untuk karyawan di pabrik seperti saya ini," ujar Rizki.