Maxus Perluas Pasar MPV Listrik dengan Menghadirkan Dana M1

JAKARTA - Maxus, produsen otomotif asal China, baru-baru ini memperkenalkan model terbarunya yang akan menjadi bagian dari jajaran MPV listrik mereka, dan diberi nama Dana M1.

Menurut Carnewschina, Jumat, 22 September, MPV ini akan menjadi bagian dari merek EV terbaru Maxus dan dijadwalkan akan mulai dijual pada paruh pertama tahun 2024.

Secara desain, minivan ini memiliki tampilan yang mungkin terlihat seperti kendaraan logistik pada pandangan pertama. Namun, sebenarnya mobil ini adalah kendaraan penumpang yang memiliki desain unik. Desain tersebut terlihat dari bagian depannya yang menampilkan grill hitam dengan lampu LED daytime running lights (DRL) dan emblem "Maxus" yang ditempatkan di tengah.

Bagian dalam kabin dirancang dengan pendekatan minimalis, dengan LCD instrumen panel dan layar tengah. Pabrikan juga menggunakan material yang berkualitas tinggi pada dasbor dan area kabin, serta pencahayaan ambient yang memberikan kesan mewah.

Salah satu fitur menarik dalam interior adalah lantai mobil yang terbuat dari kayu. Untuk kenyamanan pengemudi, kursi depan dapat digerakkan maju dan mundur, sementara sandaran tangan di antara kursi belakang juga dapat digeser.

Ketika diluncurkan, Dana M1 hanya tersedia dengan empat kursi. Namun, pabrikan telah mengonfirmasi bahwa versi dengan wheelbase lebih panjang dan konfigurasi tujuh kursi akan tersedia.

Meskipun Maxus belum mengungkapkan detail spesifik tentang Dana M1, ada kemungkinan bahwa mobil ini akan menawarkan spesifikasi yang serupa dengan saudaranya, Dana V1. Sebagai gambaran, V1 memiliki motor listrik dengan tenaga 120 dk dan baterai lithium-phosphate-iron 42 kWh yang memberikan jangkauan hingga 305 km.

Maxus adalah merek otomotif asal China yang didirikan pada tahun 2011 dan saat ini dimiliki oleh SAIC Motor, perusahaan induk yang juga memiliki merek seperti Morris Garage (MG) dan Roewe di pasar global.

Di Indonesia, APM PT Indomobil Wahana Trada menggenggam merek Maxus dan memperkenalkan MPV Mifa 9 sebagai pengenalan kepada konsumen Tanah Air dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Untuk bersaing dengan Toyota Alphard dan Lexus LM, Maxus Mifa 9 ditawarkan dengan harga Rp1,425 miliar On The Road DKI Jakarta untuk varian Premium.