Sokonindo Pastikan Seres E1 Terjangkau untuk Masyarakat Jawa Timur

JAKARTA - PT Sokonindo Automobile memperkenalkan kendaraan listrik teranyar, Seres E1 kepada masyarakat Jawa Timur melalui pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 Surabaya.

"Keikutsertaan PT Sokonindo Automobile di GIIAS Surabaya 2023 begitu penting karena Jawa Timur merupakan salah satu pasar otomotif nasional terbesar, dan Seres E1 siap melayani mobilitas masyarakat di Jawa Timur untuk perjalanan yang lebih baik dan menyenangkan,” kata Achmad Rofiqi, Kepala Pemasaran PT Sokonindo Automobile, dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu, 20 September.

Dalam pameran ini, Sokonindo juga mengungkapkan harga yang ditawarkan pada Seres E1 mulai dari Rp199 juta OTR Surabaya.

Jika dibandingkan, harga tersebut sedikit lebih mahal dari harga untuk wilayah Jabodetabek di mana tipe B sebagai varian awal dibanderol Rp189 juta, sementara tipe L memiliki harga Rp219 juta.

Namun meski memiliki harga terjangkau, Seres E1 menjanjikan sejumlah fitur canggih untuk kenyamanan perjalanan.

Mobil mikro tersebut memiliki desain kompak dengan dimensi 3.030 mm (panjang), 1.495 mm (lebar), 1.640 mm (tinggi), dan wheelbase 1.960 mm. Mobil ini juga memiliki ground clearance sebesar 135 mm.

Meskipun memiliki tampilan sederhana, pesaing dari Wuling Air ev ini memiliki lampu LED DRL yang menarik perhatian di bagian depan dan belakang, serta pelek alloy 13 inci yang trendi.

Bagian kabinnya dirancang dengan konsep minimalis, dilengkapi dengan panel instrumen beraksen kayu, kluster instrumen 7 inci, dan head unit 8,8 inci.

Fitur-fitur canggih termasuk Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Hold Control, kamera parkir, cruise control, mode berkendara seperti Eco dan Sport, Seat Belt Reminder, Pedestrian Warning Sound, Isofix, Event Data Recording System, Charging Status Display, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Type L, yang merupakan varian tertinggi menawarkan Electronic Stability Control dan Electronic Parking Brake with Auto Hold, yang membantu pengguna dalam pengoperasian mobil ini.

Mobil ini telah dilengkapi dengan baterai bersertifikat IP67, dimana baterai tersebut memiliki kemampuan tahan air saat melalui genangan air.

Varian awal E1, Type B, dilengkapi baterai lithium iron phosphate 13,8 kWh yang dapat menempuh jarak hingga 180 km dan dapat diisi dari 10 hingga 90 persen dalam 3,5 jam dengan soket AC Type 2. Tipe ini memiliki motor penggerak dengan tenaga 33 dk dan torsi 100 Nm.

Varian tertinggi, Type L, dilengkapi baterai lithium iron phosphate 16,8 kWh yang memiliki jarak tempuh hingga 220 km. Pengisian daya dari 10 hingga 90 persen dengan AC Type 2 memakan waktu 4 jam. Tipe ini memiliki motor penggerak dengan tenaga 40 dk dan torsi 100 Nm.