Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia yang Bakal Berjuang di Asian Games 2023

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melepas 576 kontingen untuk mengikuti Asian Games 2023 di Hangzhou, China. Pelepasan dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta pada Selasa 19 September.

Jokowi menyebut, dari ratusan atlet itu nantinya bakal berjuang untuk memberikan yang terbaik di tiap cabang olahraga (cabor) yang di bela. Indonesia sendiri turut serta dalam 30 cabor di Asian Games 2023.

“Hari ini akan kita lepas kontingen 576 orang menuju Asian Games ke-19 di Hangzhou China. Sebanyak 30 cabang olahraga yang akan diikuti,” kata Presiden Jokowi di halaman depan Istana Merdeka dikutip dari Antara, Selasa 19 September.

Cabang-cabang olahraga yang diikuti Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou adalah akuatik, anggar, atletik, angkat besi, bola basket, bulu tangkis, bridge, catur, esports, gulat, jujitsu, karate, dan kurash, menembak, balap sepeda, sport cycling, perahu naga (dragon boat), taekwondo, tenis, triathlon, soft tennis, sepak takraw, dan wushu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yang turut hadir dalam acara pelepasan itu menyatakan dari 576 orang yang berangkat ada 413 atlet yang akan mengikuti 30 cabor.

Dalam gelaran ke-19 ini kontingen Indonesia ditarget untuk bisa masuk peringkat 12 besar. Target tersebut di bawah prestasi Indonesia ketika menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018 yang saat itu berada di peringkat empat dengan mengoleksi 31 medali emas, 24 perak, dan 42 perunggu.

Meski upacara pembukaan Asian Games 2023 baru resmi dibuka pada 23 September mendatang, tapi ada beberapa cabor yang lebih dulu dipertandingkan.

Pada Selasa, 19 September bahkan ada beberapa kontingen Indonesia yang sudah mulai bertanding. Beberapa cabor yang dimulai sebelum pembukaan adalah kriket, bola voli pantai, bola voli putra, dan sepak bola putra.