Film Music Dapat Nominasi Golden Globe, Sia Minta Maaf

JAKARTA - Rabu, 3 Februari, debut penyutradaraan Sia dalam film Music mendapat nominasi untuk Best Motion Picture - Musical or Comedy dalam penghargaan Golden Globe 2021. Namun warganet bereaksi terhadap kabar tersebut sehingga Sia menghapus akun Twitter-nya.

Sedikit kilas balik, Sia dikritik karena memilih aktor Maddie Ziegler yang non autis untuk memerankan seseorang yang autis dalam film Music.

Ketika warganet meminta penjelasan Sia, pelantun Chandelier ini menjawab, “Sebenarnya saya sudah mencoba bekerja dengan seorang perempuan muda non-verbal dalam spektrum dan orang tersebut merasa stres dan tidak menyenangkan.”

Di saat yang sama, Sia juga menyatakan terus berusaha memberikan representasi yang baik untuk komunitas autis. Dia menyebut mereka punya 13 orang autis di dalam film dan dua orang konsultan selalu ada di lokasi syuting.

Respons Sia saat itu membuat komunitas autis mengadakan petisi di Change.org dan meminta agar Hanway Films tidak merilis film Music. “Saya berencana menghapus adegan pengekangan saat perilisan selanjutnya. Saya mendengarkan orang yang salah dan itu tanggung jawab saya. Penelitian saya tidak begitu cukup, tidak cukup luas.”

Sebelum menghapus akun Twitter-nya, dia menulis, “Saya minta maaf.”

Music mengisahkan tentang seorang perempuan bernama Music (Maddie Ziegler) dan hidup bersama saudara perempuannya Zu (Kate Hudson). Zu mencoba menjaga sang adik yang merupakan seorang pengidap autis.

>