JackRabbit XG, Solusi Moped Listrik yang Praktis untuk Kota Padat

JAKARTA - Ukuran besar tak selalu lebih baik, terutama dalam konteks moped listrik atau sepeda motor listrik kecil yang berpedal atau tidak berpedal. Dengan perkotaan yang semakin padat, ukuran besar dan bulky menjadi kurang praktis. Oleh karena itu, tren saat ini adalah tentang mereduksi ukuran - baik secara fisik maupun dalam hal bobot.

JackRabbit adalah salah satu merek yang telah menjalankan konsep ini dengan cemerlang. Bahkan, mereka telah melakukannya sebelum tren ini menjadi populer, dengan meluncurkan moped kecil pertama mereka pada tahun 2018.

Untuk melengkapi pilihan mereka, dikutip dari laman perusahaan, 15 September, JackRabbit merilis model baru yang mengusung prinsip yang sama. Diberi nama JackRabbit XG, model lama dengan tepat berganti nama menjadi JackRabbit OG, yang masih tersedia. Sedangkan untuk XG yang baru, harganya hampir dua kali lipat dari yang lama mencapai 1.749,99 dolar AS atau sekitar Rp26 juta, tetapi versi baru ini performa dan jangkauan juga jauh meningkat.

JackRabbit XG tampil dengan desain yang klasik, dengan tabung atas yang kokoh yang menampung dua kompartemen baterai. Rangkanya terbuat dari paduan aluminium berkode 6061-T6 dengan panjang 53 inci atau sekitar 134 cm.

Baterai-baterai ini, yang telah mendapatkan sertifikasi dari UL, memiliki jangkauan yang mengesankan, lebih dari 32 km sebelum perlu diisi ulang. Yang membuatnya unik adalah ukuran baterai yang kompak dan mudah dimasukkan ke dalam saku. Kapasitas baterainya juga berada di bawah batas maksimum untuk transportasi udara, memungkinkan membawa XG ke mana pun dengan mudah.

Dari segi performa, JackRabbit XG didukung oleh motor belakang berkekuatan 500 watt. Sama seperti OG, tidak ada pedal di sini, dan sepeda ini bergerak hanya melalui thumb throttle. Meskipun begitu, sepeda ini diklaim mampu mendaki lereng hingga 12 derajat dan sanggup membawa pengendara dengan berat maksimal 125 kg.

JackRabbit telah dilengkapi dengan teknologi modern, termasuk layar digital yang mudah digunakan yang memberikan informasi tentang kecepatan, tingkat daya, dan odometer. Ban all-terrain berukuran 20 inci yang kokoh memberikan perjalanan yang nyaman, sementara daya pengereman yang andal disediakan oleh rem cakram mekanis di bagian depan dan belakang dengan rotor berukuran 160 mm.

Yang membuatnya semakin praktis adalah kemampuannya untuk dilipat dengan mudah dan beratnya yang ringan, hanya sekitar 14 kg. Dengan desain yang kompak dan teknologi canggih, JackRabbit XG siap menjadi solusi transportasi yang praktis untuk menghadapi keramaian kota.