UN1TY Jadi Inspirasi Mahasiswi Republik Ceko untuk Belajar Budaya Indonesia

JAKARTA - Dengan perkembangan teknologi saat ini, pengaruh musik telah mendobrak batas-batas kebudayaan. Setidaknya, itulah yang terjadi pada UN1TY dengan penggemarnya dari luar negeri.

Seperti diketahui, UN1TY merupakan salah satu boy group asal Indonesia yang juga memiliki banyak penggemar dari luar negeri, seperti Malaysia, Filipina, bahkan Republik Ceko yang terletak di benua Eropa.

Tinka, mahasiswi asal Republik Ceko diketahui sebagai salah satu penggemar UN1TY sejak tahun 2019.

Berawal dari rasa penasaran tentang kebudayaan Asia Tenggara, Tinka akhirnya mengenal UN1TY. Sejak saat itu, lagu, aksi panggung, dan konten boy group beranggotakan 6 pemuda Indonesia itu menjadi bagian dari kesehariannya.

Tidak hanya itu, Tinka pun memutuskan untuk melanjutkan studinya dengan mempelajari sastra Indonesia. Dia berkesempatan mengikuti program pertukaran pelajar di Universitas Indonesia pada Agustus lalu.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Tinka pun berhasil memenuhi mimpinya untuk bertemu langsung dengan personel dari Un1TY pada 24 Agustus lalu.

"Tidak pernah terlintas dalam benakku bahwa aku akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan UN1TY. Ini adalah impian yang telah kusimpan selama bertahun-tahun,” kata Tinka dalam keterangannya.

“Melihat mereka hanya melalui layar, dan kini aku bisa berbicara langsung dengan mereka. Benar-benar merupakan pengalaman yang tak akan pernah kulupakan,” ujar Tinka lagi.

Sebagai informasi, UN1TY yang dibentuk oleh 1ID Music merupakan boy group yang debut pada tahun 2019.

Setelah dua anggotanya mengundurkan diri, UN1TY saat ini beranggotakan enam orang, yaitu Fajri, Fenly, Fiki, Gilang, Shandy dan Zweitson.