XRP Punya Masa Depan Cerah, Begini Kata CTO Ripple

JAKARTA - Dalam pidato pentingnya di acara Apex di Amsterdam, David Schwartz, CTO Ripple, memberikan gambaran terkait masa depan Ripple dan XRP. Schwartz dengan jelas membedakan fondasi XRP dari Bitcoin dan mengumumkan prestasi baru Ripple setelah kemenangan mereka dalam perseteruan hukum melawan SEC.

Schwartz dengan bangga mengumumkan bahwa setelah melewati rintangan hukum dengan regulator AS, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). XRP kini menjadi satu-satunya mata uang kripto selain Bitcoin yang memiliki kejelasan regulasi di Amerika Serikat. Ini menjadi landasan kuat bagi Ripple untuk membentuk lanskap keuangan digital dalam XRP Ledger.

Salah satu pengumuman utama adalah pengenalan Automated Market Makers (AMM) ke XRP Ledger. AMM, karena desainnya, memberikan likuiditas dan mengatur strategi perdagangan secara lancar, berbeda dengan bursa tradisional dengan order book-nya. AMM bertujuan untuk meningkatkan efisiensi perdagangan, menangkap pergerakan harga yang lebih kecil, dan memberikan manfaat kepada penyedia dan pengguna likuiditas.

Schwartz juga mengungkapkan integrasi solusi Identitas Terdesentralisasi (DID) ke dalam XRP Ledger. DID memungkinkan pengguna mengelola identitas mereka dengan aman dan lebih privat di blockchain sambil menjaga informasi pribadi di luar jariingan. Integrasi ini sejalan dengan identitas digital yang semakin tren akhir-akhir ini. Identitas digital ditujukan untuk meningkatkan kepercayaan dan keamanan dalam ekosistem Ripple.

Schwartz menyoroti upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja, skalabilitas, dan stabilitas XRP Ledger. Ini termasuk mengurangi konsumsi memori, mengoptimalkan transaksi, dan meningkatkan efisiensi jaringan. Dengan menjaga biaya rendah dan terus meningkatkan teknologinya, Ripple menjadi ekosistem yang sehat dan terdesentralisasi.

Schwartz juga menekankan pentingnya penggunaan plugin, perubahan penting yang memudahkan penambahan fitur baru ke XRP Ledger. Ini memungkinkan pengembang bekerja dalam berbagai bahasa pemrograman dan menyederhanakan pengembangan, mendorong inovasi. Perubahan ini juga diharapkan akan menyederhanakan pengembangan sidechain dan solusi yang dapat dioperasikan.

Keynote tersebut juga menyebutkan perkembangan menarik seperti sidechain EVM (Ethereuem Virtual Machine) dan Hooks. Ini adalah solusi smart-contract yang dipesan lebih dahulu untuk meningkatkan kemampuan XRP Ledger, menjadikannya lebih fleksibel dan dapat beradaptasi dengan beragam penggunaan.

Pidato utama David Schwartz di acara Apex menegaskan komitmen Ripple terhadap inovasi dan peningkatan dalam dunia kripto. Dengan perkembangan yang berlangsung, Ripple tetap menjadi pemain utama dalam masa depan keuangan global terutama di bidang pembayaran antar negara atau biasa disebut cross border payment.