Kia Catatkan Penjualan Positif Model EV6 dan Niro EV pada Agustus 2023 di AS

JAKARTA - Torehan positif kembali diraih Kia yang berhasil mencatat penjualan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Selama Agustus 2023, Kia meraih angka penjualan sebanyak 72.147 unit kendaraan di AS. Tidak hanya naik sebanyak 9 persen dari tahun sebelumnya, namun ini adalah periode penjualan terbanyak dari merek otomotif asal Korea Selatan ini.

Dilansir dari InsideEVs, Minggu, 3 September, kontribusi penjualan juga datang dari model bertenaga listrik baterai (BEV). Bahkan, penjualan di segmen ini naik 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sayangnya, Kia tidak memberikan angka pastinya.

Selama periode Agustus, Kia menjual EV6 sebanyak 2.449 unit di AS atau meningkat 33 persen dari tahun sebelumnya pada periode yang sama. Kia EV6 menyumbang 3,4 persen dari keseluruhan penjualan.

Demikian juga dengan model Kia Niro EV yang mencatat penjualan cukup baik. Walaupun pabrikan tidak memberikan informasi terkait angka penjualannya, namun diperkirakan Niro telah terjual lebih dari 1.600 unit, termasuk model ICE.

Wakil Presiden Sales Operations Kia America, Eric Watson, mengatakan dengan terjualnya kendaraan lebih dari 70.000 unit merupakan bukti bahwa Kia memiliki model atau produk unggulan yang banyak diminati berkat teknologi dan inovasi yang ditawarkan.

"Penawaran mobil listrik Kia dipadukan dengan SUV kami yang kokoh dan mumpuni telah memposisikan merek ini secara strategis, tidak hanya untuk meningkatkan pangsa pasar kendaraan listrik kami, namun juga semakin memantapkan diri kami sebagai pemimpin dalam mobilitas inovatif," ujar Watson.

Secara keseluruhan, selama tahun 2023, Kia menjual sebanyak 537.410 unit atau meningkat 16,4 persen dari tahun sebelumnya dengan 12.000 unit di antaranya dihasilkan dari penjualan EV6.

Kia Niro EV juga mencapai angka penjualan cukup baik selama 2023 dengan mencapai lebih dari 6.600 unit. Walaupun, penjualannya menurun sebanyak 3 persen dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Pabrikan asal Korea Selatan tersebut optimis akan menutup tahun dengan kenaikan penjualan kendaraan listrik dari tahun sebelumnya. Sebagai informasi, KIa EV6 telah terjual sebanyak 20.498 dan Niro EV berjumlah 8.209 di AS selama 12 bulan pada 2022 lalu. Total penjualan kendaraan listrik tersebut mencapai 28.700 unit.

Penjualan kendaraan listrik Kia di AS juga akan dibantu salah satu model yang akan tiba pada akhir 2023, yakni EV9, sebagai SUV tiga baris.