Kualifikasi Tuntas, Berikut Ini Daftar 32 Tim yang Lolos Fase Grup Liga Champions Eropa 2023/2024

JAKARTA – Slot klub peserta fase grup Liga Champions Eropa 2023/2024 sudah lengkap setelah leg kedua kualifikasi rampung digelar pada Kamis, 31 Agustus 2023 dini hari WIB.

Tiga tiket terakhir didapat FC Copenhagen, Royal Antwerp, serta PSV Eindhoven. Ketiga tim itu menyusul Braga, Young Boys, dan Galatasaray, yang juga lolos melalui jalur yang sama.

Dalam pertandingan dini hari tadi, Copenhagen memastikan diri lolos setelah bermain imbang 1-1 melawa Rakow Częstochowa. Hasil yang membuat mereka unggul agregat 2-1.

Sementara itu, Antwerp lolos setelah menekuk AEK Athens 2-1 (agregat 3-1). Kemudian tim terakhir PSV membantai Rangers 5-1 sehingga unggul agregat 7-3 untuk lolos ke babak grup.

Keenam tim ini nantinya akan bergabung dengan tim-tim top Eropa yang sebelumnya sudah memastikan diri lolos otomatis tanpa perlu berjuang melalui babak kualifikasi.

Undian babak grup akan berlangsung pada malam ini pukul 23.00 WIB. Undian nanti bisa diikuti melalui situs resmi induk sepak bola Eropa UEFA atau pemegang hak siar kompetisi.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya dua tim teratas dari setiap grup akan lolos ke babak gugur Liga Champions Eropa. Sementara itu, tim posisi ketiga akan turun level ke Liga Europa.

Berikut ini adalah daftar 32 yang lolos fase grup Liga Champions Eropa 2023/2024:

Inggris: Arsenal, Manchester City, Manchester United, Newcastle United

Spanyol: Atletico Madrid, Barcelona, Real Madrid, Real Sociedad, Sevilla

Jerman: Bayern Muenchen, Borussia Dortmund, Leipzig, Union Berlin

Italia: Inter Milan, Lazio, AC Milan, Napoli

Prancis: Lens, Paris Saint-Germain

Portugal: Benfica, Braga, Porto

Belanda: Feyenoord, PSV Eindhoven

Austria: Salzburg

Skotlandia: Celtic

Serbia: Crvena zvezda

Swiss: Young Boys

Turki: Galatasaray

Ukraina: Shakhtar Donetsk

Belgia: Royal Antwerp

Denmark: FC Copenhagen