Mengenal Format Baru Liga Champions 2024/2025, Hal Apa Saja yang Berubah?
Liga Champions (Twitter @championsleague).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Union of European Football Associations (UEFA) mengumumkan format baru Liga Champions 2024/2025. Kompetisi sepak bola yang diikuti klub papan atas Eropa ini bakal mengalami perubahan setelah belasan tahun bergulir dengan format lama.

“UEFA jelas menunjukkan bahwa kami berkomitmen penuh menghormati nilai-nilai fundamental olahraga dan mempertahankan prinsip utama kompetisi terbuka dengan kualifikasi berdasarkan prestasi olahraga, sepenuhnya sejalan dengan nilai-nilai dan model olahraga Eropa yang berbasis solidaritas,” ucap Presiden UEFA Aleksander Caferin, dikutip dari laman resmi UEFA, Rabu, 6 Maret 2024.

Caferin menyebut format baru Liga Champions 2024/2025 disetujui dengan keputusan bulat oleh berbagai pihak.

“Saya sangat senang bahwa ini merupakan keputusan bulat dari Komite Eksekutif UEFA dengan Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa, dan asosiasi nasional semuanya menyetujui proposal yang dibuat. Bukti lain bahwa sepak bola Eropa lebih Bersatu dari sebelumnya,” papar Presiden UEFA.

Lantas, seperti apa format baru Liga Champions musim depan? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Format Baru Liga Champions 2024/2025

Sebagai informasi, Liga Champions 2023/2024 masih menggunakan format lama. Dalam format yang digunakan saat ini, ada 32 tim yang bertanding di fase grup.

Selama fase grup, masing-masing klub akan menghadapi 3 tim sebanyak dua kali (home-away). Dua tim meduduki peringkat pertama dan kedua masing-masing grup akan lolos ke fase gugur atau babak 16 besar, dan seterusnya hingga partai final.

Di musim depan, format tersebut tidak akan digunakan. UEFA akan menggunakan sistem liga untuk kompetisi musim 2024/2025.

Tim yang berlaga jumlahnya akan ditambah menjadi 36 peserta. Fase grup juga bakal dihapus, diganti dengan sistem baru yang menggunakan klasemen besar berisi seluruh tim peserta.

Sistem drawing akan tetap diadakan di awal musim, namun kali ini drawing tersebut untuk menentukan laga-laga League Phase. Masing-masing tim akan melakoni delapan pertandingan (empat kandang, empat tandang) dengan lawan yang berbeda.

Pemerolehan poin masih sama, tim yang menang akan mendapatkan 3 poin dan 1 poin untuk tim yang bertanding dengan imbang. Produktivitas dan selisih gol turut berpengaruh dalam perubahan yang terjadi di papan klasemen.

Delapan tim teratas klasemen akan otomatis lolos ke babak 16 besar. Tim peringkat 9-24 bakal memperebutkan delapan jatah sisa ke fase gugur lewat play-off. Sementara tim peringkat ke-25 dan seterusnya dipastikan gugur.

Sementara itu, babak 16 besar hingga seterusnya masih berlaku format lama tanpa adanya perubahan. Lalu, jadwal pertandingan akan digelar hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Babak final berlangsung hari Sabtu.

UEFA menerapkan format baru ini bukan hanya untuk Liga Champions. Aturan ini turut dijalankan untuk kompetisi Liga Europa dan UEFA Conference League.

Demikian informasi tentang format baru Liga Champions 2024/2025. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.