Polri Gelar Tactical Floor Game Pengamanan KTT ASEAN

JAKARTA - Polri menggelar Tactical Floor Game (TFG) di Polda Metro Jaya, hari ini. Kegiatan itu membahas kesiapan Operasi Tribrata Jaya dalam rangka pengamanan KTT ASEAN ke-43.

Kegiatan TFG tersebut dipimpin Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran selaku Ka Ops. Kemudian dihadiri Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi dan Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto sebagai Waka Ops berseta pejabat Polri lainnya.

“Kami melaksanakan TFG dalam rangka memperjelas tugas, fungsi, peran yang akan dikerjakan pada saat pengamanan,” ujar Fadil kepada wartawan, Rabu, 30 Agustus.

Dalam TGF itu, pemeriksaan kesiapan personel, perlengkapan, maupun teknologi guna mendukung dinamika-dinamika selama operasi berlangsung turut dilakukan.

Kemudian, berbagai potensi kendala yang terjadi dalam proses pengamanan KTT ASEAN Summit ke-43 juga menjadi salah satu fokus pembahasan.

“Termasuk melemparkan persoalan-persoalan jika terjadi di lapangan bisa terjadi koordinasi, komunikasi, dan kendali yang baik khususnya yang terkait dengan pengamanan jalur yang menjadi ruang lingkup tanggung jawab kami di ring 3,” ungkapnya.

Namun, mengenai skema pengemanan yang akan diterapkan, Fadil menyebut belum bisa menyampaikannya. Alasannya, hal itu akan dibahas terlebih dulu dengan TNI dan pihak terkait lainnya.

"Karena ini sangat teknis sekali sifatnya untuk masalah kebijakan-kebijakan nanti Pak Kapolri dan Bapak Panglima TNI selaku penanggung jawab pengamanan akan menyampaikan," kata Fadil.

Kegiatan KTT ke-43 Asean Summit tahun 2023 akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, di mana puncak acara KTT bakal digelar pada 5 sampai 7 September 2023.