Minim Sentimen Positif, IHSG Selasa Diperkirakan Menguat Terbatas

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,38 persen ke level 6921,72 pada perdagangan Senin 28 Agustus. Analis memperkirakan, IHSG berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini, Selasa 29 Agustus.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memproyeksikan, IHSG akan bergerak di rentang 6.900-6.955 pada hari ini. Menurutnya, IHSG diprediksi masih cenderung konsolidasi atau mode penguatan yang terbatas.

“Karena masih minimnya sentimen positif yang mampu meningkatkan minat beli pelaku pasar,” ujar Ivan.

Potensi kenaikan Fed Funds Rate (FFR) untuk kembali menekan inflasi ke angka 2 persen sejauh ini tidak berdampak negatif terhadap IHSG. Sehingga Ivan memprediksi masih ada kemungkinan kenaikan IHSG pada pekan ini.

Sementara Phintraco Sekuritas dalam risetnya menyebut, IHSG masih akan terkonsolidasi. Sentimen utama masih berasal dari sinyal kenaikan FFR sebesar 25 bps di FOMC pada September 2023.

Kondisi ini justru direspons positif oleh pasar karena dinilai memberikan kepastian mengenai arah kebijakan moneter The Fed.

"Kenaikan tersebut diyakini sebagai yang terakhir dari serangkaian kenaikan suku bunga acuan sejak pertengahan 2022," jelas riset Phintraco Sekuritas.

Dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) menahan suku bunga acuan di 5,75 persen pada pekan lalu. Kondisi ini mengindikasikan optimisme BI terhadap stabilitas kondisi ekonomi domestik.