Suzuki Lakukan Penyegaran pada Dua Big Bike Bertenaganya

JAKARTA - Baru-baru ini demi memperkuat jajaran big bike untuk pasar global, Suzuki secara resmi meluncurkan pembaruan pada dua model big bike andalannya, yakni GSX-S1000 dan GSX-8S.

Hadir sebagai model 2024, keduanya tetap mempertahankan segi mekanis dan performa. Ada pun kedua motor tersebut mendapatkan pembaruan dengan warna terbaru.

Dilansir Rideapart, Minggu, 27 Agustus, Suzuki GSX-8S dibekali dengan mesin berkapasitas 776 cc berpendingin cairan parallel-twin yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 83 dk dan torsi 78 Nm.

Suzuki GSX-8S menjadi pilihan yang tepat bagi para pengendara yang suka menjelajah di jalan raya yang ingin memiliki motor yang ringan dan lincah. Motor setengah telanjang tersebut tersedia dalam warna terbaru, yakni Glass Matte Mechanical Grey, diikuti oleh Cosmic Blue, dan Metallic Matte Black atau Glass Sparkle Black yang telah tersedia sebelumnya.

Fitur modern juga ditawarkan pada Suzuki GSX-8S yang terdiri dari pilihan mode berkendara, kontrol traksi, dan Anti-lock Braking System (ABS). Tidak lupa, Suzuki memberikan tampilan TFT berukuran lima inci yang menyediakan berbagai informasi terkini terkait motor tersebut.

Sedangkan saudara dari GSX-8S yang lebih besar, GSX-S1000, memiliki performa yang lebih buas. GSX-S1000 berbagi mesin yang sama dengan K5 GSX-R1000, yakni 999cc berpendingin cairan 4-silinder yang mampu memuntahkan daya hingga 150 dk dan torsi 108 Nm.

Performa buas tersebut didukung oleh beberapa sistem, seperti pilihan mode berkendara dengan teknologi throttle-by-wire serta instrumen kluster TFT untuk memberikan informasi terkait motor tersebut.

Untuk membantu pengendara dalam mengoptimalkan kemampuan motor, GSX-S1000 dilengkapi dengan suspensu KYB yang dapat disetel, pengereman Brembo yang dilengkapi ABS, serta pelek berukuran 17 inci.

Warna terbaru Suzuki GSX-S1000 yakni Metallic Matte Sword Silver, yang memiliki karakteristk atletis. Motor big bike tersebut juga masih dilengkapi dengan warna Metallic Triton Blue dengan penambahan aksen putih.

Terkait harga, Suzuki GSX-S1000 2024 dibanderol seharga 11.699 dolar AS atau sekitar Rp178,9 jutaan. Sedangkan, GSX-8S dijual dengan harga 8.999 dolar AS atau kisaran Rp137,6 jutaan.