Ramzi Ungkap Riwayat Penyakit yang Diderita Almarhumah Ibunda

JAKARTA - Presenter Ramzi tengah berduka, ibunya yang bernama Afiah Barawas binti Kuhsin Barawas meninggal dunia kemarin, Sabtu, 19 agustus.

Ramzi mengaku tahu kabar ibunya sudah berpulang ke Sang Pencipta lewat sambungan video call. Ia tidak bisa menahan tangis ketika mengetahui sang ibu sudah tiada. Baginya, Afiah Barawas adalah sosok yang membuatnya bisa meraih apa yang dimilikinya saat ini.

“Saya bisa sampai seperti sekarang bukan karena saya hebat, bukan karena seorang Ramzi populer, bukan karena Ramzi lucu, bukan karena Ramzi kenal petinggi-petinggi, bukan karena Ramzi kenal sama banyak pihak, bukan. Saya bisa seperti sekarang karena doa ibu,” ujar Ramzi di Kalibata, Jakarta Selatan pada Sabtu, 19 Agustus.

Presenter berusia 47 tahun itu menginformasikan bahwa kondisi sang ibu memang tidak cukup baik akhir-akhir ini. Mendiang diketahui menderita obesitas atau berat badan berlebih.

“Cukup lama sakit, sembuh dan sakit lagi ke kondisi badan yang cukup besar, obesitas. Jadi memang akhirnya organ-organ tubuh lainnya terganggu, termasuk paru-paru dan jantung,” tutur Ramzi.

Dua bulan lalu, kata Ramzi, ibunya sempat dilarikan ke rumah sakit, dan diizinkan kembali ke rumah lima hari kemudian. Namun, kaki sang ibu sempat terkilir, sehingga memperparah kondisinya saat itu.

“Ketika mau pulang (dari rumah sakit), mandi, beres-beres, kakinya terkilir. Jadi akhirnya kita bawa pulang dengan kondisi yang sulit, kita bawa pulang dengan ambulans ke rumah. Hampir dua bulan ibu terbaring di rumah,” kata Ramzi.

Terkait obesitas yang diderita ibunda Ramzi, diketahui bahwa berat badan berlebih itu dikarenakan metabolisme tubuh yang tidak berjalan dengan baik, bukan karena konsumsi makanan berlebih.

“Ibu saya itu mengalami obesitas berat badan dan kondisi badan semakin lama semakin membesar. Dan saya baru tahu kalau obesitas itu nggak harus banyak makan, tapi ternyata metabolismenya sudah berantakan, sehingga kondisi badannya semakin membesar dari obesitas itu akhirnya jadi kemana-mana,” ucap Ramzi.

Sebagai informasi, Afiah Barawas binti Kuhsin Barawas meninggal dunia di usianya yang ke 63 tahun. Almarhumah lahir di Bogor pada 6 Mei 1960.

Afiah Barawas binti Kuhsin Barawas menikah di usia 15 tahun dan melahirkan Ramzi di usia 16 tahun.

Sejak kecil, Ramzi dibesarkan oleh ibu dan neneknya. Ia menyebut dua wanita yang saat ini dimakamkan bersebelahan itu sebagai sosok yang paling penting dalam hidupnya.

“Dua wanita ini yang mendidik saya dari bayi merah sampai akhirnya saya bisa menjadi seperti sekarang,” pungkas Ramzi.