Jadi Alternatif ke IKN, Menhub Ungkap Pengalaman Bangun Bandara APT Pranoto Samarinda
JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara APT Pranoto di Samarinda, bisa menjadi bandara alternatif untuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.
Lebih lanjut, Budi mengatakan bandara ini sangat strategis. Bandara ini juga dinilai bisa menjadi penyangga konektivitas jika nantinya ada kendala pada bandara yang dibangun di IKN.
“Sangat strategis sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). Kalau di Bandara IKN terkendala, maka bisa dialihkan ke bandara ini atau ke Balikpapan,” katanya ditulis Minggu, 20 Agustus.
Sebagai informasi, Bandara APT Pranoto memiliki panjang runway 2250 m x 45 m dan gedung terminal seluas 12.700 m2. Bandara ini dapat didarati pesawat jenis Boeing 737-900 ER dan bisa menampung hingga 1 juta pergerakan penumpang setahun.
Kondisi Tanah Bandara APT Pranoto
Budi pun mengungkapkan pengalaman membangun infrastruktur Bandara APT Pranoto di Samarinda ini. Kata dia, bandara ini memiliki kondisi tanah yang labil.
“Kami telah belajar tentang ilmu tanah di sini, dan menjadi suatu pelajaran yang baik apabila kita ingin membangun infrastruktur seperti bandara di kondisi tanah yang labil seperti ini,” ungkapnya.
Dalam lima tahun terakhir, sambung Budi, pihaknya melakukan evaluasi dan upaya restrukturisasi Bandara APT Pranoto.
Baca juga:
“Kami melibatkan para akademisi dari ITB dan UGM untuk mengkajinya bersama-sama,” tuturnya.
Melalui berbagai kajian dan upaya restrukturisasi yang dilakukan, Budi memastikan keberlangsungan jangka panjang eksistensi Bandara APT Pranoto di tengah kondisi tanah yang labil, dan akan meminimalkan dana yang dibutuhkan untuk perbaikan-perbaikan.
Saat ini tengah dilakukan beberapa pekerjaan di antaranya yakni sistem drainase bandar udara, sistem perkerasan (pavement) taxiway dan apron, termasuk rekonstruksi dan peningkatan runway. Kemudian pemenuhan aspek keselamatan sisi udara dan peningkatan layanan sisi darat.