Seberapa Besar Peluang Welber Jardim Bela Indonesia di Piala Dunia U-17, Ini Jawaban Mengejutkan Bima Sakti

JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti mengungkapkan seberapa besar peluang Welber Jardim untuk main di Piala Dunia U-17 2023. Dia tak menampik, peluang yang dimiliki pemain diaspora itu sangatlah besar.

Pemain yang saat ini memperkuat klub Brasil Sao Paulo U-17 tersebut sebelumnya membela Timnas Indonesia di uji coba melawan Persis Solo pada Sabtu, 12 Agustus 2023. Dia tampil ciamik dalam laga yang dihelat di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, tersebut.

Welber adalah bakat muda potensial yang lahir di Indonesia. Namun, ketika berusia lima tahun dia bersama orang tuanya pindah ke Brasil. Di sana dia masuk sekolah sepak bola sebelum dilirik akademi Sao Paulo.

"Jadi prosesnya dia benar-benar (bagus) prestasi sesuai dengan kualitasnya. Dia pun bisa dilihat dalam latihan melawan Persis, memang beda. Dia punya kualitas," ujar Bima.

Setelah selesai uji coba dari Solo, Timnas Indonesia U-17 melanjutkan seleksi untuk memilih komposisi pemain yang akan dibawa ke pemusatan latihan di Jerman.

Pemusatan latihan di Jerman rencananya akan dimulai pada September mendatang hingga Oktober nanti. Bima mengatakan Welber kemungkinan masuk dalam senarai pemain yang ikut ke Jerman.

"Kemungkinan akan kami bawa. Kami akan koordinasi dan PSSI untuk memanggil Welber ke pemusatan latihan di Jerman," ujar juru taktik berusia 46 tahun tersebut.

Sebelum berangkat ke Jerman, Indonesia rencananya akan menjalani uji coba melawan timnas Korea Selatan U-17 pada akhir Agustus nanti. Lokasi uji coba ini belum diumumkan.

Pemusatan latihan di Jerman merupakan rangkaian persiapan untuk Piala Dunia U-17 2023. Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah ajang itu setelah Peru dicoret FIFA karena tidak siap menyelenggarakan ajang kelompok umur ini.

Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung di Indonesia dari 10 November sampai 2 Desember nanti. Total sebanyak 24 negara akan berpartisipasi di ajang dua tahun ini.

Total ada empat stadion yang akan digunakan untuk menjadi venue pertandingan. Empat stadion itu adalah Jakarta International Stadium (Jakarta), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Manahan (Surakarta), dan Di Jalak Harupat (Bandung).