Kejuaraan Dunia 2023: Wakil Indonesia Jangan Lengah!

JAKARTA – Pebulu tangkis Indonesia diminta tak lengah di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 sekalipun mendapat hasil undian yang cukup mudah.

Undian untuk ajang tersebut telah dilakukan BWF pada Kamis, 10 Agustus kemarin. Mayoritas dari 15 wakil yang dikirim mendapat bye alias tidak perlu bermain pada babak pertama.

"Tapi ini bukan berarti menganggap enteng dan lengah karena ini Kejuaraan Dunia yang punya hawa tersendiri. Jadi, tetap harus cepat beradaptasi dan bagus performanya," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rionny Mainaky.

Satu-satunya wakil Indonesia yang langsung mendapat lawan paling berat sejak babak pertama adalah tunggal putra Jonatan Christie. Pemilik medali emas Asian Games 2018 itu akan diuji andalan Malaysia Lee Zii Jia.

Di nomor yang sama, Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo, juga tidak mendapat undian kosong di babak pertama. Namun, di atas kertas lawan mereka terhitung lebih mudah.

Pada nomor ganda putra empat wakil yang diturunkan semuanya mendapat undian kosong di babak pertama. Sisanya ada dua undian kosong dari tiga wakil di ganda putri, satu di ganda campuran dari tiga wakil, dan satu di tunggal putri dari dua wakil yang dikirim.

Rionny mengatakan, sekalipun undian cukup bagus, hasil minor atlet Indonesia di beberapa turnamen terakhir tetap harus menjadi catatan. Terlebih ajang ini menyediakan poin besar ke Olimpiade 2024 Paris.

"Saya berharap hasil kemarin yang kurang baik bisa mereka jadikan motivasi untuk menggantinya di sini. Poin besar untuk poin ke Olimpiade jadi harus dimanfaatkan," kata dia.

Kejuaraan bergengsi ini bakal berlangsung di Royal Arena, Copenhagen, Denmark pada 21-27 Agustus mendatang.