Apple Ubah Penempatan Tombol Akhiri Panggilan di iOS 17, Pengguna Tak Lagi Salah Tekan!

JAKARTA - Apple dikabarkan akan memindahkan letak tombol Akhiri Panggilan ke sudut kanan bawah, bukan di tengah sepertiga bagian bawah layar.

Pembaruan terbesar pada aplikasi ponsel iPhone selama bertahun-tahun ini terlihat dalam rilis beta iOS 17. Sebelumnya di iOS 16, Apple menempatkan tombol Akhiri Panggilan tepat di bawah tombol FaceTime.

Namun sekarang, berpindah posisi. Di iOS 17 terlihat tombol FaceTime sejajar dengan Speaker, Mute di bagian atas, sementara di bagian bawah ditempati tombol Add, Keypad dan End (Akhiri Panggilan).

Penempatan baru ini diklaim cukup berguna bagi pengguna iPhone yang sering tidak sengaja menutup panggilan telepon pada peletakan tombol yang dulu.

Beberapa dari mereka mengutarakan di media sosial, mungkin perlu berlatih lagi agar terbiasa dengan penempatan tombol baru tersebut.

Selain pembaruan itu, Apple dikatakan juga menghadirkan transkripsi pesan suara waktu nyata, poster kontak sehingga pengguna dapat memilih foto yang muncul saat mereka menghubungi iPhone orang lain dan antarmuka pengguna yang diperbarui dengan font lebih tebal.

Sayangnya, iOS 17 saat ini masih tersedia dalam versi beta dan diklaim akan dirilis ke publik tak lama setelah model iPhone baru diumumkan.

Melansir CNBC Internasional, Kamis, 10 Agustus, bukan kali pertama Apple mengatur ulang antarmuka pengguna lama untuk menempatkan tombol kunci lebih dekat ke bagian bawah ponsel, yang lebih ergonomis, terutama karena layar ponsel semakin besar.

Pada 2021, Apple mengubah browser Safari-nya dalam versi beta iOS 15 untuk menempatkan bilah URL di bagian bawah dan memperbarui desainnya.

Tetapi, versi final yang dirilis pada September, Apple kembali mengubah desain dengan mengembalikan beberapa perubahan dan memberi pengguna opsi untuk meletakkan kembali bilah URL di atas halaman.