Cristiano Ronaldo Resmi Pegang Rekor Pencetak Gol Sundulan Terbanyak dalam Sejarah

JAKARTA – Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo, resmi menjadi pencetak gol melalui sundulan terbanyak dalam sejarah sepak bola.

Rekor itu dicatat mantan pemain Real Madrid ini ketika mencetak gol untuk membantu Al Nassr menang 4-1 atas US Monastir dalam pertandingan King Salman Club Cup di King Fahd International Stadium, Riyadh, Arab Saudi, Selasa, 1 Agustus 2023.

Ronaldo menyambut umpan silang Sultan Al Ghanam pada menit ke-74 untuk membawa Al Nassr unggul dua gol. Itu adalah gol sundulan ke-145 dalam karier CR7.

Gol itu membuat ia memecahkan rekor legenda Jerman Gerd Muller yang memiliki 144 gol melalui sundulan. Dua nama lain dalam daftar empat besar adalah mantan pemain Spanyol Carlos Santillana (125) dan legenda Brasil Pele (124).

Ini merupakan gol ke-839 dalam karir Ronaldo. Satu gol di atas membuat pemain berusia 38 tahun itu mencetak gol untuk musim ke-22 secara beruntun.

Ronaldo bergabung dengan Al Nassr pada Januari 2023 setelah memutuskan hubungan dengan raksasa Liga Primer Inggris Manchester United. Di Al Nassr dia telah mencetak 15 gol di Liga Pro Saudi.

Pemenang Ballon d'Or lima kali ini memulai karier klubnya pada tahun 2002 bersama Sporting Lisbon dalam kemenangan 3-0 atas Moreirense. Dia kemudian mencetak gol pertamanya dalam debut profesionalnya melawan Braga.

Dalam lebih dari 900 penampilan bersama klub sejak debutnya pada tahun 2002, Ronaldo total mencetak lebih dari 700 gol. Ia juga merupakan pencetak gol terbanyak di level internasional.

Ronaldo tercatat memenangkan berbagai kejuaraan bergengsi sepanjang kariernya, termasuk lima gelar Liga Champions Eropa, tiga gelar Liga Premier Inggris, dua La Liga, dan Serie A bersama Juventus.