Hati-Hati, 5 Bagian Tubuh Ini Paling Sensitif Jika Terluka

JAKARTA – Terjatuh, terbentur, atau teriris pisau tentu terasa sakit. Terutama pada kelima bagian tubuh ini, bagian tubuh yang paling sensitif dan memiliki saraf paling banyak dibanding bagian tubuh lainnya. Mana saja bagian tersebut? Di bawah ini daftarnya.

Ujung jari

Dilansir oleh Mens Health, berdasarkan studi Annals of Neurology, ujung jari paling sensitif jika terluka. Meskipun terluka kecil karena tergores kertas, sensasi perihnya tetap membuat meringis. Ini disebabkan ujung saraf langsung mengirimkan rasa sakit ke otak.

Di ujung jari juga terdapat lebih banyak saraf. Artinya, semakin banyak saraf di bagian tubuh maka semakin banyak sinyal rasa sakit yang dikirimkan ke otak.

Tulang kering

Tulang kering di kaki bagian depan atau disebut tabia memiliki sedikit lemak dan otot yang melindungi ketika terbentur. Dokter William Binegar, MD. –the Medical Director of Pain Care Broise di Idaho menjelaskan jika terjadi benturan sekecil apapun pada bagian tersebut Anda akan merasakan sakit teramat sangat.

Lengkungan kaki

Bagian lengkungan kaki atau arch, ketika menginjak benda seujung jari yang bersudut bisa bikin menyeringai. Binegar menjelaskan bahwa bagian ini memiliki lapisan kulit lebih tipis dibandingkan telapak kaki dekat tumit. Hal tersebut membuat saraf di bawahnya dekat dengan permukaan kulit.

Pola mekanisme mengirim rasa sakit sama seperti pada ujung jari. Karena kulitnya tipis maka saraf juga dengan cepat merespon jika mengalami benturan, terluka atau menginjak sesuatu yang tajam.

Area sekitar lutut

Bagian lutut depan maupun belakang juga tidak memiliki otot atau lemak sebagai pelindung. Selain itu, lapisan atas tulang di tempurung lutut atau disebut lapisan periosteal, menurut Douglas J. Spiel, M.D. –ahli radiologi bersertifikat- dipenuhi dengan saraf sensorik.

Jika salah satu terbentur atau terluka, kedua bagian ini akan merasakan sakit di dua tempat sekaligus.

Siku

Ketika siku terbentur atau merasakan seperti tersetrum listrik ketika tekanan terjadi saraf ulnaris akan mengirimkan respon ke otak. Saraf ini terletak di tulang lengan atas atau humerus. Saraf seperti serat, saraf di siku memiliki bentuk serat yang berbeda, ujar Spiel.

Rasanya memang tak seperti rasa sakit ketika bagian tubuh lainnya terbentur. Tetapi rasa ngilu bercampur dengan rasa tersetrum bisa dirasakan hingga ujung jari.

Kelima bagian tubuh di atas, mayoritas memiliki serat saraf padat. Disamping itu tidak ada bantalan pelindung baik berupa lemak maupun otot. Nah, karena dua alasan tersebut kelima bagian tubuh di atas tergolong paling sensitif terhadap luka. Selain mengakibatkan rasa perih, darah juga akan mengucur jika sampai robek dan terluka.