Asmirandah Kenang Ibu Jonas Rivanno sebagai Mertua yang Selalu Pimpin Ibadah

JAKARTA - Jonas Rivanno dan Asmirandah turut mengenang kepergian Leony Pattipeilohy, ibunda dari Jonas, yang meninggal dunia pada Jumat, 7 Juli kemarin.

Jonas meyakini apa yang terjadi bukanlah perpisahan. Aktor 36 tahun itu mempercayai bahwa ia akan kembali dipertemukan dengan mendiang ibunya suatu saat nanti. Keyakinan itu membuat Jonas dan Asmirandah bisa kuat melepas sang ibu.

“Kalau kita (Jonas dan Asmirandah), kebetulan kita percaya banget ini bukan perpisahan, kita cuma nggak bertemu untuk sementara. Karena menurut yang kita percaya, suatu saat nanti pasti kita akan bertemu lagi. Kita saling mengingatkan, itu yang menguatkan kita semua,” ujar Jonas Rivanno usai memakamkan ibunya di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur pada Sabtu, 8 Juli.

Mendiang Leony Pattipeilohy disebut sebagai sosok yang dekat dengan semua anggota keluarganya. Asmirandah menyebut ibu mertuanya itu sebagai pemimpin dalam keluarga besar.

“Kalau mama itu kayak pemimpin semua acara. Kalau ada acara di keluarga, 'ayo kita makan bareng di sini'. Jadi, memang mama itu selalu yang pimpin acara-acara ibadah, dalam keluarga itu setiap tahun pasti kita selalu melakukan ibadah bareng bersama keluarga, keluarga inti kumpul selalu ikutan,” kata Asmirandah.

“Jadi mungkin kita akan kangen sama situasi-situasi itu, siapa yang ingatib, apalagi tiap minggu kita selalu bilang ke mama 'Happy Sunday', pasti bakal kangen,” sambungnya.

Jonas juga menceritakan momen dimana sang ibu punya dampak besar dalam pengambilan keputusan keluarga. Ketika Jonas merasa diperlakukan tidak adil dan berniat membalas, ia dinasehati ibunya untuk menyerahkan urusan tersebut kepada Tuhan.

“Waktu itu sempat kita ada di dalam masalah yang sangat besar, dan ketika kita punya momen ingin membalas karena menurut kami itu nggak adil, justru di momen itu mama bilang 'untuk diserahkan semuanya pada Tuhan,” ujar Jonas Rivanno.

“Itu nasihat dari mama yang nggak pernah saya lupa. Kalau kita udah berserah sama Tuhan, jangan pernah coba-coba untuk melakukan sesuatu di luar kemampuan sendiri, selalu minta bimbingan,” pungkasnya.

]