Jelang Pemilu 2024, Kominfo Ajak Pekerja Media Ciptakan Ekosistem yang Berkualitas

JAKARTA - Tujuh bulan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, Pelaksana Tugas atau Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika Mahfud MD mengajak semua pihak turut serta dalam menjaga sistem demokrasi yang berintegritas, berkualitas dan bermartabat.

Tidak lupa, Mahfud MD juga menegaskan bahwa media memiliki peran yang sangat penting dalam hal mewujudkan ekosistem Pemilu yang berkualitas.

"Peran serta media penting untuk berkampanye agar Pemilu sehat, berintegritas dan berkualitas. (Hal itu) dibangun bersama-sama untuk Pemilu tahun 2024. (Untuk) memilih pemimpin dan wakil, dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju masa depan," katanya mengutip laman resmi Kominfo.

Selain itu, Plt. Menkominfo itu juga mengajak instansi pemerintah, penyelenggara Pemilu, penegak hukum, dan pekerja media untuk menciptakan ekosistem yang memungkinkan masyarakat untuk dapat memilih pemimpin yang tepat.

“Jangan sampai ada intervensi di antara aparat penyelenggara dan tumpang tindih. Mari kita kuatkan rasa cinta kita terhadap bangsa ini untuk menjadi lebih baik dalam menyelenggarakan demokrasi dan pemilu yang bermartabat. Hal itu sangat penting untuk disuarakan oleh media massa,” ujarnya lebih lanjut.

Untuk menciptakan Pemilu yang aman, jujur, adil, dan transparan, Kementerian Kominfo menjalin kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan sosialisasi dan diseminasi kepada masyarakat.

"Kominfo memiliki tugas dalam mensosialisasikan kepada masyarakat, mendiseminasi informasi untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024. Di sisi lain, KPK juga punya kepentingan bagaimana pemilu berlangsung jujur, adil, dan tanpa politik uang. Karena kepentingan yang sama bertemu, maka kita bersepakat untuk bekerja sama dalam mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilu,” pungkas Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong.