BMW akan Rilis M5 Versi Wagon, Miliki Performa Sama Tinggi dengan Audi RS6 Avant

JAKARTA - BMW, pabrikan otomotif asal Jerman, akan segera meluncurkan generasi terbaru dari BMW M5 dalam versi touring wagon. Sebuah teaser yang beredar telah mengungkapkan tampilan desainnya.

BMW M5 Wagon akan menawarkan kenyamanan perjalanan jarak jauh tanpa mengorbankan performa, sambil menyediakan ruang yang lapang.

Dalam laporan dari Motor1 pada hari Senin, 26 Juni, BMW berencana untuk segera melakukan pengujian jalan untuk M5 Touring dalam beberapa hari mendatang. Uji coba tersebut akan dilakukan di jalan raya di sekitar kota Munich, markas M GmbH di Garching, Jerman, dan di Nurburgring.

Diperkirakan desain BMW M5 Touring tidak akan jauh berbeda dengan M5 sedan. Bagian depan akan memiliki bukaan segitiga di sudut-sudutnya untuk mengarahkan aliran udara secara aerodinamis. Grill khas dari BMW, yakni grill ginjal, diharapkan tetap ada pada versi wagon M5 ini.

Beralih ke bagian belakang, BMW akan menyematkan empat pipa knalpot seperti umumnya pada model M. Karena ini adalah touring wagon, bagian atapnya akan diperpanjang untuk menciptakan ruang bagasi yang luas.

Meskipun bagian dalam belum ditampilkan, M5 Touring kemungkinan akan memiliki kabin standar Seri 5. Interior akan dilengkapi dengan kluster instrumen berukuran 12,3 inci dan layar infotainment berukuran 14,9 inci. Kemungkinan juga ada peningkatan pada bantalan jok dan revisi trim untuk memberikan sentuhan yang lebih sporty.

BMW menjanjikan performa yang mengesankan untuk M5 Touring tanpa mengabaikan kenyamanan. Pabrikan juga telah mengkonfirmasi bahwa versi wagon M5 akan menggunakan drivetrain yang sebagian besar ditenagai oleh listrik.

Tidak menutup kemungkinan, BMW M5 Touring akan menggunakan pengaturan mesin yang sama dengan SUV sport BMW XM. Jika itu terjadi, M5 Touring akan dibekali dengan mesin V8 twin-turbo 4,4 liter dengan motor listrik tunggal dan baterai berkapasitas 29,5 kWh.

BMW M5 Touring akan menjadi pesaing bagi Audi RS6 Avant sebagai wagon performa tinggi terbaru dari Jerman. Kabarnya, RS6 Avant akan memiliki desain bodi yang lebih agresif dari sebelumnya.