QJ Motor Siapkan SRK 800 RR: Sportbike Tangguh Kelas Menengah

JAKARTA - QJ Motor, sebuah perusahaan sepeda motor asal Tiongkok di bawah kelompok Qianjiang, baru-baru ini menggebrak pasar dengan meluncurkan banyak model, terutama di segmen sportbike kelas menengah, naked, dan adventure.

Untuk pasaran global, Qianjiang dikenal sebagai pemilik Benelli, merek Italia yang sekarang dimiliki oleh perusahaan induk yang sama dengan QJ Motor. Dengan keterkaitan dengan raksasa industri otomotif seperti Geely dan Volvo, tidak mengherankan bahwa QJ Motor dapat menghasilkan banyak sepeda motor.

Terbaru, menurut laporan Rideapart, 25 Juni, QJ Motor tengah mempersiapkan segmen sportbike kelas menengah bernama SRK 800 RR di China. Meskipun sepeda motor ini belum diproduksi, beberapa sumber menyatakan bahwa sepeda motor ini siap untuk diproduksi dan akan pertama kali diluncurkan di Tiongkok.

SRK 800 RR merupakan pengembangan dari model-model SR lainnya dalam lineup QJ Motor, seperti SRK 400 RR yang ditenagai oleh mesin silinder ganda, dan SRK 600 RR yang menggunakan mesin inline-four.

SRK 800 RR menggunakan mesin baru dengan kapasitas 778cc. Mesin ini juga menggunakan mesin empat silinder dengan tenaga 102 dk. Dari segi performa, performanya mirip dengan sport-tourer kelas menengah. Selain itu, mesin dikatakan memiliki banyak kesamaan dengan mesin Honda CBR650R – hal yang tidak baru dalam hal produsen Tiongkok.

Namun SRK 800 RR memiliki bobot yang cukup berat 207 kilogram. Sepeda motor ini juga memiliki jarak sumbu roda yang sama dengan CBR650R, yaitu 1.450 milimeter. Sistem penggerak terdiri dari garpu depan terbalik dan monoshock belakang, memiliki rem cakram ganda di bagian depan dan satu cakram di bagian belakang. Diharapkan juga tersedia Bosch ABS sebagai fitur standar.

Yang membedakan dari model lain dalam lineup QJ Motor, SRK 800 RR memiliki ciri khas sayap yang dipasang di fairing menampilkan tampilan yang dinamis.