Ahli Ungkap Lima Keunggulan Memiliki Sertifikasi Profesi IoT

JAKARTA - Seiring dengan perkembangan digital, kebutuhan akan talenta digital di bidang Internet of Things (IoT) juga semakin meningkat. Menurut survei Economics Impact 2023 yang didukung oleh Google, sebanyak 66 persen responden mengaku keterampilan komputasi awan dan IoT sebaiknya dimiliki oleh para tenaga kerja. 

Lebih lanjut, selama acara Indonesia IoT Career Fair 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2023, Lingga Wardhana selaku asesor kompetensi BNSP IoT mengungkapkan beberapa keunggulan memiliki sertifikasi profesi IoT. 

Apa Saja Keunggulan Memiliki Sertifikasi Profesi IoT?

Pertama, Anda akan mendapatkan keunggulan kompetitif. Menurut Lingga, ketika Anda memiliki pelatihan yang tidak dimiliki oleh pesaing, maka akan membuat Anda berbeda. Sehingga, sertifikasi tersebut dapat memberikan keuntungan yang sangat penting untuk Anda. 

Manfaat yang kedua adalah meningkatkan efisiensi. Menurut Lingga, sertifikasi profesi dapat membantu memberikan pondasi yang kokoh bagi bisnis. Karena, banyaknya pelatihan, informasi, dan pengetahuan yang didapatkan dari kursus itu akan memungkinkan Anda mengelola semua aspek pekerjaan Anda dengan lebih efektif.

Selanjutnya, Lingga juga mengatakan bahwa sertifikasi IoT ini bisa meningkatkan potensi pendapatan. Karena menurutnya, sebagian besar klien akan memahami biaya yang lebih tinggi yang terkait dengan pelatihan khusus dan bersedia membayar untuk konsultan yang memiliki sertifikasi industri. 

Manfaat keempat adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Dengan memperoleh informasi atau teknik industri yang terbaru, Anda dapat mempertajam kebiasaan kerja saat ini. Hal ini dapat membantu memberi Anda keterampilan dan kepercayaan diri untuk mencoba hal baru. 

Terakhir, sertifikasi IoT juga diklaim dapat membangun kredibilitas profesional. Karena, saat ini semakin banyak perusahaan, lembaga nirlaba, dan organisasi pemerintah yang, saat bekerja dengan konsultan independen, ingin melibatkan mereka yang memiliki sertifikasi tertentu dari program yang diakui. 

Sertifikasi menunjukkan komitmen Anda terhadap profesionalisme yang unggul, menjunjung tinggi standar industri, dan pembelajaran yang berkelanjutan. Prestasi ini dapat membantu meningkatkan kredibilitas profesional dan prestise Anda di jaringan Anda sendiri. 

"Sertifikasi sering kali merupakan investasi yang berharga karena banyak keuntungan yang dapat mereka berikan sepanjang karier Anda. Saat Anda maju dan bisnis Anda berkembang, pastikan untuk menjaga sertifikasi Anda tetap terkini sehingga Anda dapat terus mewujudkan manfaat-manfaat ini," tutup Lingga.