Nekat Panjat Gedung Tertinggi Kelima di Dunia dengan Tangan Kosong, Pria Inggris Ini Diamankan Polisi Seoul

JAKARTA - Seorang pendaki bebas Inggris ditahan Senin pekan lalu, setelah mencapai lantai 72 gedung pencakar langit tertinggi Korea Selatan di Seoul dengan cara memanjat bagian luar dengan tangan kosong, kata polisi.

Pria berusia 24 tahun, yang diidentifikasi sebagai George King-Thompson, mulai mendaki Menara Lotte World setinggi 123 lantai di Seoul selatan sekitar pukul 05.00 waktu setempat, sebelum petugas keamanan menemukannya sekitar pukul 07.50 dan menelepon polisi, mengatakan ada orang asing sedang memanjat dinding luar gedung.

Polisi dan petugas penyelamat tiba di lokasi pada pukul 8:03 pagi dan memasang matras pengaman udara untuk bersiap menghadapi kemungkinan jatuh. Tetapi, dia terus mendaki dan mencapai lantai ke-72 dari gedung setinggi 555 meter, gedung tertinggi kelima di dunia, pada pukul 8:47, melansir Korea Times 12 Juni.

Dia kemudian diizinkan naik lift mirip gondola, yang dikenal sebagai utilitas manajemen gedung, dan dikawal ke dalam menara melalui lubang sistem ventilasi asap. Ia langsung ditahan oleh polisi yang menunggunya di dalam.

Dia tidak terluka, tetapi menunjukkan mengalami tanda-tanda kelelahan, kata polisi.

Kepada polisi, King-Thompson mengatakan dia memasuki Korea Selatan tiga hari lalu untuk tujuan BASE jumping, yang berarti melompat dari gedung, antena, bentang atau dataran tinggi lainnya menggunakan setelan sayap atau parasut.

Dia juga mengatakan, memanjat Lotte World Tower dan meluncur dari puncaknya merupakan impian sejak lama, sementara pendakian itu sudah direncanakannya sejak enam bulan yang lalu.

Polisi menangkapnya dengan tuduhan masuk tanpa izin, setelah mengonfirmasi ia memanjat gedung tanpa izin dari pihak berwenang Lotte World Tower.

Sebelum kejadian pekan lalu, ia juga dipenjara setelah memanjat Shard, gedung tertinggi di Inggris dengan tinggi 310 meter dan 72 lantai pada tahun 2019.

Sementara itu, pemanjat asal Prancis, Alain Robert, yang juga dikenal sebagai "Spider-Man Prancis", ditangkap pada tahun 2018 karena memanjat Lotte World Tower tanpa izin. Saat itu, ia memanjat hingga lantai 75.