Karena Sistem Cruise Control, BMW Recall Lebih dari 11 Ribu Unit SUV iX

JAKARTA - BMW meluncurkan SUV terbaru mereka, iX, yang menawarkan teknologi dan fitur terbaru untuk memenuhi kebutuhan mobilitas penggunanya. Namun, penggunaan fitur-fitur canggih ini kadang-kadang mengalami kesalahan.

Beberapa pengemudi BMW iX melaporkan bahwa mereka secara tidak sengaja mengaktifkan fitur "Cruise Control" saat mengemudikan mobil dengan kecepatan rendah. Hal ini menyebabkan produsen mobil ini melakukan penarikan kembali terhadap SUV listrik tersebut.

Menurut laporan dari Carscoops pada Rabu, 14 Juni, masalah ini pertama kali terjadi pada akhir tahun 2022, ketika pabrikan menerima keluhan tentang akselerasi yang tidak sesuai dengan keinginan pemilik mobil. Meskipun pada kasus tersebut pabrikan mengatakan bahwa masalah tersebut tidak terkait dengan Cruise Control, namun dalam kasus lain ditemukan bahwa sistem ini aktif.

BMW akhirnya mengidentifikasi bahwa saat iX dikemudikan dengan kecepatan rendah dan ada sudut kemudi yang tinggi, tangan pengemudi dapat secara tidak sengaja menyentuh tombol Cruise Control.

Pada interior iX, tombol pengontrol fungsi terletak di sisi kiri setir, sementara tombol fisik untuk mengatur kecepatan terpasang di setir. Tombol Cruise Control terletak di atasnya.

BMW menemukan bahwa masalah dapat terjadi ketika pengemudi telah mengatur Cruise Control, kemudian mematikannya, dan kemudian secara tidak sengaja mengaktifkannya kembali.

Namun, pengemudi sebenarnya dapat mematikan Cruise Control dengan menekan tombol batal atau pedal rem. Untungnya, BMW tidak mencatat adanya laporan kecelakaan atau cedera akibat masalah ini.

Untuk mencegah kejadian ini terus terjadi, pabrikan Jerman tersebut memutuskan untuk melakukan penarikan kembali terhadap 11.180 unit iX xDrive50s dan iX M60s yang diproduksi dari tahun 2022 hingga 2024.

BMW akan mengatasi masalah ini melalui pembaruan perangkat lunak. Pabrikan akan menghubungi pemilik kendaraan pada tanggal 28 Juli, dan diler akan memasang pembaruan perangkat lunak ketika tersedia versi terbaru. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk pembaruan perangkat lunak ini.