Tinggalkan Transmisi Dual-Clutch, BMW M: Transmisi Otomatis adalah Masa Depan

JAKARTA - Divisi performa tinggi BMW, BMW M, selalu menghadirkan produk mobil unggulan yang tidak kalah dengan pesaingnya. Untuk itu, BMW M berupaya mengembangkan berbagai aspek dalam merakit mobil andalan di jalan raya.

Salah satu aspek yang perlu dikembangkan adalah transmisi. Saat ini, pasar otomotif telah mengalami perkembangan di mana beberapa pabrikan memilih untuk meluncurkan transmisi manual atau otomatis, sehingga transmisi dual-clutch mulai ditinggalkan.

Dirk Hacker, Kepala Pengembangan BMW M, menyatakan bahwa saat ini adalah era transmisi otomatis atau manual, bahkan otomatis untuk kendaraan listrik. Sementara itu, transmisi dual-clutch mulai ditinggalkan.

"Dual clutch, dari perspektif BMW M, telah menjadi sesuatu yang terdahulu. Sekarang kita fokus pada transmisi manual atau otomatis, dan transmisi otomatis listrik untuk masa depan," ujar Hacker seperti yang dilansir oleh Top Gear pada Rabu, 14 Juni.

Hacker juga mengungkapkan bahwa pihaknya sedang membahas pengembangan generasi berikutnya dari BMW M5. Divisi ini memutuskan untuk menggunakan transmisi otomatis tradisional yang memiliki torsi yang baik dan lebih nyaman untuk dikemudikan.

"Transmisi otomatis memberikan performa yang lebih baik daripada kopling ganda. Pada M4 CSL, perpindahan giginya lebih cepat, dan kami juga menggunakan transmisi otomatis ini pada mobil balap M4 GTR yang baru," kata Hacker.

Namun, pernyataan Hacker hanya berlaku untuk divisi BMW M, bukan seluruh perusahaan. Model BMW yang tidak menggunakan emblem M masih akan tersedia dengan transmisi dual-clutch untuk masa depan.

Meskipun demikian, ini bukan berarti transmisi lainnya akan segera ditinggalkan. Hacker mengomentari bahwa dalam beberapa tahun ke depan, transmisi manual akan mengalami penurunan di pasar, mungkin dalam 6-7 tahun ke depan.

"Jika kita melihat ke depan, kita akan melihat penurunan pemasok transmisi manual. Jadi saya ragu kita akan memiliki opsi tersebut di masa depan. Namun, ketika saya katakan 'di masa depan,' saya berarti perkiraan dalam enam atau tujuh tahun," ujar Hacker.

Spekulasi mengenai hadirnya BMW M5 telah berlangsung lama. Bahkan, ada kabar bahwa generasi terbaru M5 akan menggunakan teknologi hibrida.

Untuk transmisinya, ada kemungkinan akan digunakan transmisi otomatis. BMW M juga bisa saja berbagi komponen teknis dengan model XM untuk M5 terbaru, yang menggunakan mesin V8 hybrid twin-turbo dan sistem penggerak keempat roda (4WD).